Sukses

Health

4 Jenis Saus yang Harus Dihindari Pemilik Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Saus merupakan bumbu tambahan yang sering dijadikan pelengkap makanan. Mulai dari saus tomat, saus sambal, saus kecap, hingga mayonnaise, saus memiliki berbagai macam varian dan rasa yang memperkaya cita rasa makanan. Namun, kebiasaan makan saus secara berlebihan bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sebagian besar saus mengandung tinggi kalori, gula, dan lemak. Mengonsumsi saus dalam jumlah yang banyak dapat menambah asupan kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas.

Saus mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kebiasaan makan saus dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah, yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung koroner. Beberapa jenis saus mengandung bahan-bahan alergen, seperti telur, susu, dan kacang-kacangan. Berikut jenis saos yang harus dihindari pemilik kolesterol, karena berbahaya untuk kesehatan jantung:

Jenis Saus yang Harus Dihindari Pemilik Kolesterol

1. Saus Salad Krim

Saus salad krim seringkali mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk menggantinya, pilihlah saus salad vinaigrette yang lebih rendah lemak dan kolesterol.

2. Saus Keju

Saus keju mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi, lebih baik memilih saus tomat atau saus lain yang rendah lemak.

3. Saus Cokelat

Saus cokelat seringkali dikemas dengan gula tambahan dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol. Sebagai gantinya, cobalah menggunakan saus buah segar untuk memberi rasa manis pada makanan.

Jenis Saus yang Harus Dihindari Pemilik Kolesterol

4. Saus Tartar

Saus tartar mengandung tinggi lemak dan kolesterol, terutama jika dibuat dengan mayones atau krim asam. Untuk menghindari kolesterol tinggi, lebih baik memilih saus tomat atau sambal sebagai pengganti saus tartar.

5. Saus Kacang

Saus kacang seringkali mengandung lemak jenuh dan gula tambahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Untuk menghindari risiko kolesterol tinggi, pilihlah saus tomat atau saus sambal sebagai alternatif yang lebih sehat.

Dengan memilih saus yang lebih rendah lemak dan kolesterol, dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung. Ingatlah untuk selalu membaca label nutrisi pada kemasan saus dan memilih yang lebih sehat untuk kesehatan tubuh. Jangan salah pilih saus, agar jantung tetap sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading