Sukses

Health

5 Manfaat Rutin Jogging Untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Olahraga termasuk aktivitas rutin yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga menjadi cara untuk memperkuat fisik khususnya kaki dan tangan agar kamu bisa beraktivitas dengan baik. Banyak sekali anak muda yang sudah menerapkan untuk rutin melakukan olahraga baik indoor maupun outdoor. Kesadaran untuk menjaga kesehatan ini menjadi dobrakan tersendiri di tengah maraknya gaya hidup yang tidak menerapkan kesehatan yang baik. 

Salah satu jenis olahraga yang rutin dilakukan oleh banyak orang adalah jogging. Berbeda dengan berlari yang menggunakan tempo cepat, jogging justru lebih lambat. Berbekal sepatu dan peralatan olahraga lain jogging sangat baik dilakukan pada pagi hari, terlebih sinar matahari yang mengandung vitamin D juga berperan penting untuk kesehatan tulang. Di luar negeri, pagi-pagi buta banyak sekali orang yang sudah melakukan jogging di sekitaran komplek perkarangan rumah. 

Banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa jogging memiliki berbagai kesehatan. Selain fisik yang terlihat dari luar saja, jogging bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh. Jika kamu rutin melakukan jogging dalam keseharianmu, berarti kamu sudah mendapatkan manfaat baik dari jogging yang kamu lakukan. Apa saja manfaat rutin melakukan jogging untuk kesehatan tubuh? Berikut informasi dari Healthline untukmu. 

Manfaat jogging secara rutin untuk kesehatan tubuh

1) Mengurangi fase plateau atau sulitnya menurunkan berat badan setelah diet 

Pernah diet namun susah menurunkan berat badan? Bisa jadi kamu mengalami namanya fase plateau. Seperti yang kita ketahui jika ingin menurunkan berat badan kamu juga harus mengimbanginya dengan berolahraga. Bahkan American Heart Association saja juga menyarankan untuk mengambil aktivitas jogging untuk meningkatkan intensitas workout yang dapat membantumu mencapai berat badan yang optimal. 

2) Mengurangi berat badan

Jogging termasuk olahraga yang melibatkan bagian kardiovaskular sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas karena berlebihnya berat badan pada tubuh. Sebuah studi menemukan jika kamu ingin mengurangi berar badan, imbangi dengan aktivitas yang membakar kalori seperti jogging. 

3) Meningkatkan sistem imunitas tubuh 

Seiring bertambahnya zaman serta kualitas cuaca dan banyaknya aktivitas yang melibatkan berbagai zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dapat membuat tubuh seseorang rentan terkena penyakit, terutama untuk yang jarang sekali berolahraga. Maka dari itu, melakukan olahraga seperti jogging dapat meningkatkan respon tubuh terhadap suatu penyakit sehingga sistem imunitas tubuh juga ikut meningkat dan dapat melindungi tubuh dengan baik. 

4) Mengurangi resistensi tubuh dari insulin 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), lebih dari 84 ribu orang amerika memiliki prediabetes, sebuah kondisi di mana insulin bereaksi resisten. Sel dalam tubuh tidak dapat bereaksi dengan insulin, hormon yang dapat menjaga level gula darah dalam tubuh. Kabar baiknya, studi menemukan seseorang yang rutin melakukan jogging dapat mengurangi efek dari resistensi insulin pada tubuh. 

5) Melindungi diri dari efek negatif stress 

Kabar baik untuk kamu pecinta jogging sebab rutin melakukan jogging dapat melindungi otak dari efek samping stress yang buruk. Sebuah penelitian pada 2013 menemukan bahwa rutin melakukan jogging dapat meningkatkan fungsi otak dari penuaan hingga stress. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading