Sukses

Health

Diagnosis Kanker Payudara HER2 Low Terbaru Dapat Memberi Manfaat Pengobatan Lebih Efektif

Fimela.com, Jakarta Sebagai bagian dari diagnosis kanker payudara lengkap, pasien akan mengetahui status HER2 mereka. Human Epidermal growth factor Receptor 2 (HER2) adalah sesuatu yang dimiliki setiap dari kita. Ini memberi tahu sel kapan harus tumbuh dan kapan harus berhenti tumbuh.

Ketika berbicara tentang kanker, terlalu banyak HER2 dapat membuat pertumbuhan sel tidak terkontrol, menyebabkan penyakit yang lebih agresif. Namun, bagaimana dengan sebaliknya?

Rachel Layman, M.D., adalah ahli dari Universitas Texas dalam kanker payudara dengan HER2 Low, menunjukkan molekul obat baru yang belum lama ini disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai pengobatan pertama yang menargetkan HER2 Low.

Rachel menjelaskan dalam sebuah artikel di situs Universitas Texas, apa artinya memiliki kanker payudara dengan tingkat HER2 Low dan bagaimana membuat diagnosis yang lebih tepat dapat mengarah pada pengobatan yang lebih efektif bagi pasien.

 

Bagaimana status HER2 diklasifikasikan?

Setelah diagnosis kanker payudara awal, jaringan dari tumor akan dikirim untuk pengujian khusus yang disebut uji imunohistokimia (IHK). Uji ini akan menunjukkan seberapa banyak HER2 berada di permukaan sel kanker.

Jika skor IHK tiga, tumor itu HER2 positif. Selama bertahun-tahun, skor kurang dari tiga dianggap HER2 negatif. Sekarang, berkat pengujian yang lebih rinci, ada nama untuk Tingkat HER2 antara 1 dan 2 yakni HER2 Low. Skor nol disebut HER2 negatif.

Jika skor IHK adalah 2, maka diperlukan pengujian fluoresensi in situ hibridisasi (FISH) untuk menentukan apakah HER2 positif atau negatif. Teknik patologi ini untuk melihat gen yang mengkode HER2 dan melihat berapa banyak salinan yang ada.

Jika hasil uji FISH positif, maka HER2 positif. Jika FISH negatif, maka HER2 Low. Setelah klasifikasi selesai, tim medis Anda dapat merekomendasikan rencana pengobatan paling tepat untuk Anda.

 

Bagaimana pengobatan untuk kanker payudara HER2 Low?

Bagaimana pengobatan untuk kanker payudara HER2 Low?

Untuk pasien dengan penyakit yang baru didiagnosis dan belum menyebar, pengobatan standar adalah kemoterapi, terapi endokrin, atau imunoterapi.

Hingga saat ini, tidak ada pilihan pengobatan khusus untuk pasien metastatik dengan kanker payudara HER2 Low. Sebaliknya, mereka akan menerima opsi pengobatan standar tergantung pada prognosis kanker payudara mereka.

Namun, dalam uji klinis yang disebut DESTINY-Breast 04 di muat oleh ASCO Pubs, terbukti lebih berhasil dari yang diharapkan. Sekarang kita memiliki cara baru untuk menargetkan HER2 Low, dan pasien memiliki pilihan dalam pengobatan kanker payudara mereka.

Saran apa yang dapat diberikan untuk pasien kanker payudara HER2 Low?

Sebelum HER2 Low, kanker payudara diberi label HER2 positif atau HER2 negatif. Tetapi sekarang kita tahu bahwa 50% hingga 60% dari diagnosis kanker payudara bisa diklasifikasikan sebagai HER2 Low. Dengan adanya terapi target baru ini, penting bagi pasien untuk mencari pusat perawatan yang dapat melakukan pengujian yang tepat.

Jika pasien memiliki kanker payudara HER2 negatif dengan kondisi metastatik atau mengalami kekambuhan, pasien harus menanyakan kepada dokter untuk verifikasi status HER2 pada pasien tersebut.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading