Sukses

Health

7 Gejala Umum Kanker Payudara yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara adalah jenis kanker yang sering ditemui pada perempuan. Ya, meskipun ini juga bisa terjadi pada pria. Kanker payudara sendiri merupakan kanker yang paling banyak menyerang perempuan dan berada di urutan teratas sebagai penyakit paling mematikan di dunia. 

Sejauh ini, belum ada obat yang dipercaya ampuh mengatasi atau mengobati kanker payudara. Meski begitu, deteksi kanker payudara sejak sedini mungkin akan cukup membantu mengurangi risiko kematian akibat penyakit ini. Deteksi dini bisa dilakukan dengan mengetahui atau menyadari gejala darinya. Mengutip dari laman healthline.com, adapun gejala kanker payudara yang sering terjadi dan nampak sejak dini antaranya sebagai berikut.

Pembengkakan atau Benjolan

Sering kali, kanker payudara ditunjukkan dengan gejala adanya benjolan atau pembengkakan yang teraba pada payudara. Benjolan ini bisa terasa keras dan tidak terasa sakit. Meskipun tidak semua benjolan pada payudara merupakan tanda kanker, kita wajib waspada dan perlu memeriksakan kondisi ini dengan segera jika menemukannya.

Perubahan Bentuk atau Ukuran Payudara

Kanker payudara bisa menyebabkan perubahan bentuk atau ukuran pada satu atau kedua payudara. Misalnya, ada perubahan yang signifikan dalam ukuran, bentuk, atau tekstur payudara. Perubahan ini bisa terlihat sangat jelas dan bisa kita amati dengan baik di kehidupan sehari-hari.

Perubahan pada Kulit Payudara

Gejala lain bisa berupa perubahan pada kulit di sekitar payudara. Hal ini bisa termasuk perubahan warna, tekstur, atau munculnya kulit yang mirip seperti jeruk (seperti kulit jeruk). Perubahan kulit umumnya terjadi secara perlahan namun signifikan. Ini juga membuat tekstur kulit berbeda dengan payudara pada umumnya.

Nyeri atau Sensitivitas

Meskipun tidak selalu, beberapa kasus kanker payudara bisa disertai dengan nyeri atau sensitivitas yang tidak biasa pada payudara. Nyeri ini bisa terasa lebih parah jika dibandingkan nyeri saat haid atau pun saat kehamilan.

Perubahan pada Puting

Perubahan pada puting payudara, seperti keluarnya cairan dari puting tanpa tekanan atau adanya perubahan bentuk puting, bisa menjadi gejala yang perlu diperhatikan. Perubahan pada puting juga bisa ditandai dengan puting yang menjorok ke dalam tanpa sebab atau luka sebelumnya.

Pembengkakan pada Area Ketiak

Pembengkakan atau benjolan pada area ketiak juga bisa menjadi tanda kanker payudara. Studi menemukan jika ada keterkaitan yang erat antara pembengkaan di area ketiak dengan kesehatan payudara. Meski begitu, tidak semua pembengkakan di ketiak selalu gejala kanker payudara ya. Untuk lebih jelasnya mengenai kondisi ini, jangan segan untuk segera memeriksakannya ke dokter atau ahli kesehatan terkait. 

Perubahan pada Kulit di Sekitar Payudara

Adanya perubahan pada kulit di sekitar payudara seperti mengkerut, mengelupas, atau menjadi merah muda tertentu bisa juga sebagai gejala dari kanker payudara.  

Saat berisiko menderita kanker payudara, tentunya setiap individu bisa mengalami gejala yang berbeda. Gejala-gejala di atas juga bisa terkait dengan kondisi lain selain kanker payudara. Sangat penting untuk mengonsultasikan gejala apa pun yang ditemui pada payudaramu dengan profesional medis atau ahlinya untuk penilaian lebih lanjut dan diagnosis yang lebih akurat. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan menunggu lama untuk memeriksakan kondisi kesehatannya jika dirasa ada yang berbeda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading