Sukses

Health

Penyebab Haid Datang Lebih Cepat, Menunjukkan Kondisi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Haid adalah proses alami bagi setiap wanita yang biasanya terjadi sekali sebulan. Namun, kadang-kadang haid bisa datang lebih cepat dari jadwal yang diharapkan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan penting untuk mengetahui penyebabnya agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat.

Salah satu penyebab umum dari haid yang datang lebih cepat adalah perubahan hormon dalam tubuh. Hormon-hormon seperti estrogen dan progesteron dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti stress, perubahan pola makan, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Perubahan hormon ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi sehingga menyebabkan datangnya menstruasi lebih cepat dari biasanya.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal. Bisa juga menunjukkan gejala penyakit tertentu. Oleh karena itu, kondisi ini tak boleh dianggap sepele. Berikut berbagai penyebab haid datang lebih cepat yang perlu diwaspadai dan tidak boleh disepelekan.

Penyebab Haid Datang Lebih Cepat

1. Masa Pubertas

Pubertas pada wanita biasanya dimulai antara usia 8 dan 13 tahun, ditandai dengan dimulainya menstruasi. Pubertas adalah proses biologis yang melibatkan hormon, khususnya hormon reproduksi, yang berperan.

Hormon reproduksi akan menyebabkan perubahan fisik pada anak perempuan dan juga berdampak pada siklus menstruasi.

Selama tahun-tahun awal menstruasi, mungkin terdapat potensi ketidakseimbangan hormon reproduksi. Sebagai akibatnya, periode menstruasi seorang wanita dapat mengalami perubahan durasi.

2. Perimenopause

Perimenopause mengacu pada transisi yang terjadi sebelum seorang wanita mencapai menopause. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar usia 40 hingga 50 tahun.

Selama masa perimenopause, hormon reproduksi dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, seseorang dapat mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, seperti menstruasi yang terjadi lebih awal dari yang diharapkan.

Selain mengalami keluhan haid datang lebih cepat, kondisi perimeopause juga menunjukkan gejala lain seperti vagina terasa kering, hot flashes, kesulitan tidur, hingga perubahan mood.

3. Olahraga Terlalu Intens

Olahraga yang intens juga dapat menyebabkan menstruasi lebih awal. Biasanya, kondisi ini dapat dialami oleh atlet yang sedang fokus mengatur berat badan.

Penting untuk dipahami bahwa ketika berolahraga terlalu intens, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Kalori diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Selama olahraga yang intens, jumlah kalori yang dibakar lebih banyak.

Tubuh tidak akan menghasilkan jumlah hormon reproduksi yang diperlukan untuk ovulasi normal tanpa energi yang cukup. Ketika ovulasi terganggu, hal ini dapat menyebabkan perubahan waktu siklus menstruasi.

4. Perubahan Berat Badan yang Drastis

Menstruasi yang tidak teratur dapat dikaitkan dengan fluktuasi berat badan yang signifikan. Penyebabnya adalah kombinasi dari gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk. Menstruasi dapat menjadi tidak teratur ketika seseorang melakukan diet yang ekstrim.

Penyebab Haid Datang Lebih Cepat

5. Mengonsumsi Obat Pengencer Darah

Mengonsumsi obat pengencer darah juga menjadi salah penyebab haid datang lebih cepat. Tubuh melepaskan antikoagulan alami selama menstruasi. Antikoagulan berfungsi dengan mengurangi ketebalan lapisan rahim, sehingga memungkinkan aliran darah dari vagina.

Penggunaan pengencer darah dapat menyebabkan menstruasi datang lebih awal. Selain itu, jumlah darah menstruasi juga bisa lebih banyak.

6. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan seperti endometrium di luar rahim. Kondisi ini menyebabkan perdarahan vagina dan terjadi di luar jadwal menstruasi yang teratur.

Beberapa wanita yang mengalami endometriosis di luar jadwal haidnya mungkin salah mengira bahwa itu adalah haid yang lebih awal.

7. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi medis yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon. PCOS dapat dialami oleh 1 dari 10 wanita usia subur. Karena ketidakseimbangan hormon, seorang wanita dapat mengalami siklus menstruasi yang lebih awal.

Selain menyebabkan perubahan waktu menstruasi, penderita PCOS juga dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur atau tidak menstruasi dalam jangka waktu yang lama.

8. Gangguan Tiroid

Hormon tiroid adalah hormon yang sangat penting dalam tubuh. Hormon ini memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh, termasuk fungsi hormon lain di dalam tubuh.

Menstruasi yang tidak teratur, yang terjadi ketika siklus menstruasi menyimpang dari waktu biasanya, dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tiroid. Hal ini dapat mencakup kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme).

9. Fibroid Uterus

Fibroid uterus adalah pertumbuhan yang terjadi pada uterus atau rahim. Biasanya, tumor ini tidak bersifat ganas. Meski tidak bersifat ganas, kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada menstruasi.

Penyebab Haid Datang Lebih Cepat

10. Efek Kontrasepsi

Kontrasepsi hormonal dapat mempengaruhi ovulasi dan menstruasi pada wanita. Jika kamu menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil atau suntikan KB, kamu mungkin mengalami perubahan siklus menstruasi.

Dalam situasi ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga medis profesional untuk menentukan pilihan kontrasepsi yang paling sesuai. Selain itu, tanyakan juga apakah dampaknya terhadap siklus menstruasi akan merugikan atau tidak.

11. Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab menstruasi datang lebih cepat. Hal ini terjadi karena stres menyebabkan ketidakseimbangan kadar hormon dalam tubuh. Akibatnya, siklus menstruasi mungkin juga menjadi tidak teratur, dengan menstruasi yang terjadi lebih awal dari yang diharapkan.

12. Perubahan Rutinitas Normal

Perubahan dalam rutinitas rutin seseorang berpotensi memengaruhi kadar hormon, sehingga berpotensi mengakibatkan menstruasi lebih awal atau lebih lambat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki jam kerja yang berbeda dari biasanya atau memiliki shift malam dipekerjaannya maka akan membuat ia merasakan perubahan pada riyme sirkandian. Hal ini dapat mengganggu produksi hormon tidur melatonin.

Untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari haid yang datang lebih cepat, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading