Sukses

Health

7 Jenis Daun Penurun Kolesterol yang Jarang Diketahui Selama Ini

Fimela.com, Jakarta Keanekaragaman hayati mungkin menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki negara Indonesia, termasuk memiliki banyak sekali ragam tanaman obat yang tumbuh subur bahkan tanpa kita sadari. Sebenaranya ada banyak sekali tanaman obat di sekitar kita yang ampuh melawan, mengatasi atau menyembuhkan penyakit, dan terkadang kita hanya perlu mengambil daunnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Beberapa manfaat yang bisa didapat seperti menurunkan kolesterol, darah tinggi, gula darah hingga asam urat. Beberapa bahkan punya lebih banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Ini beberapa jenis daun penurun kolesterol yang jarang diketahui dan dimanfaatkan selama ini.

1. Daun kenikir

Daun kenikir memiliki kandungan serat dan antioksidan tinggi seperti quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat sehingga efektif dalam menurunkan kolesterol, darah tinggi, gula darah dan asam urat. Makan daun kenikir yang direbus sebagai lalapan atau meminum air rebusannya sudah bisa memberi efek eksehatan yang baik untuk tubuh.

2. Daun senna

Daun senna atau daun jati cina cukup dikenal dalam pegobatan tradisional Tiongkok, terutama dalam menurunkan berat badan, tapi sebenarnya daun senna juga memiliki kandungan senyawa aktif antioksidan dan mineral kalium yang tinggi sehingga efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol sehingga bisa melancarkan peredaran darah.

3. Daun sirih cina

Daun sirih cina berbeda dengan daun sirih biasa, tanaman ini sekilas mirip dengan rerumputan dan mudah tumbuh di tempat lembap seperti lumut, tapi sebenarnya memiliki kandungan antioksidan tinggi, bahkan memiliki sifat antikanker dan antiinflamasi sehingga sangat baik dalam menurunkan asam urat, kolesterol dan darah tinggi, serta mengatasi rematik dan mempercepat pemulihan patah tulang.

4. Daun kumis kucing

Daun kumis kucing memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti tanin yang memiliki sifat antiseptik dan astringen sehingga sangat baik dalam mengurangi peradangan, emnurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes dan menurunkan kolesterol. Ekstrak daun dan batang kumis kucing bahkan diketahui dapat mengatasi batu ginjal.

5. Daun bidara

Jarang ada orang tahu tentang daun bidara, meminum air rebusan daun bidara dalam membantu menurunkan kolesterol tinggi, mengatasi flu, mencegah diabetes, mengurangi insomnia dan bahkan membantu mengobati sariawan. Itu karena kandungan flavonoid, polifenol, alkaloid siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda di dalam daun bidara.

6. Daun mimba/neem

Dilansir dari jurnal National Institutes of Health, daun mimba atau disebut juga dengan daun neem, memiliki sifat imunomodulator, antiinflamasi, antihiperglikemik, antiulkus, antimalaria, antijamur, antibakteri, antivirus, antioksidan, antimutagenik, dan antikarsinogenik. Ini membuat daun mimba ampuh dalam mengobati berbagai penyakit termasuk mencegah malaria, menurunkan kolesterol, darah tinggi, dan asam urat.

7. Daun anting-anting

Daun anting-anting juga sering dianggap rumput liar, tapi sebenarnya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga efektif menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Air rebusannya juga bisa jadi obat disentri, diare, gangguan pencernaan, muntah darah, berak darah dan kencing darah. Uniknya, akar tanaman ini juga disukai kucing karena mirip catnip.

Itu dia beberapa jenis daun penurun kolesterol yang jarang diketahui dan dimanfaatkan selama ini. Jika kebetulan menemukannya di sekitar rumah, boleh dijadikan minuman kesehatan ya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading