Sukses

Health

10 Jenis Daun Penurun Kolesterol dan Gula Darah yang Jadi Bahan Jamu

Fimela.com, Jakarta Karena Indonesia merupkan negara tropis yang punya curah hujan tinggi, ini memungkinkan tumbuhnya ragam tanaman dengan berbagai fungsi dan kegunaan, termasuk mengobati penyakit atau masalah kesehatan. Mulai dari batang, akar, bunga, buah hingga daunnya, ada banyak sekali tanaman obat-obatan atau TOGA di sekitar kita yang mampu memberi manfaat kesehatan untuk tubuh, bahkan tanaman-tanaman yang seringkali tanpa kita sadari telah kita abaikan selama ini.

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapat seperti menurunkan tekanan darah, kolesterol, gula darah, hingga mencegah kanker dan serangan jantung. Salah satu bagian tanaman yang bisa kita manfaatkan adalah daunnya. Ada banyak sekali daun penurun kolesterol dan gula darah yang biasa dijadikan bahan jamu. Ini dia beberapa di antaranya.

1. Daun salam

Daun salam mengandung senyawa antioksidan yang kuat sehingga mampu menurunkan kolesterol dan hipertensi secara alami. Beberapa senyawa kimia yang berguna seperti saponin, triterpen, flavonoid, tannin, alkaloid minyak atsiri (seskuiterpen, lakton,dan fenol). Daun salam bahkan efektif menurunkan asam urat dan gula darah.

2. Daun sambiloto

Daun sambiloto terkenal sejak dulu sebagai bahan jamu sambiloto. Rasanya yang pahit saat direbus adalah fungsi utama untuk menurunkan kolesterol, gula darah, tekanan darah tinggi hingga asam urat. Sifat antivirus dan antiinflamasi dalam daun sambiloto sangat kuat dalam mengurangi peradangan. Begitu juga kandungan antioksidan berupa tanin, flavonoid, terpenoid, dan saponin.

3. Daun Serai

Daun serai yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri sangat umum dijadikan rempah masakan, tapi kandungan ragam vitamin C, vitamin A, vitamin B6, tiamin, riboflavin, niacin, folat, dan asam pantotenat sangat efektif dalam menurunkan hipertensi, kolesterol tinggi, gula darah bahkan mencegah kanker jika diminum air rebusannya.

4. Daun kelor

Daun kelor diam-diam menyimpan antioksidan sangat tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun kelor diketahui memiliki vitamin C tiga kali lipat lebih banyak daripada buah jeruk sehingga bisa menurunkan kolesterol, darah tinggi dan asam urat yang dikeluarkan melalui urin. Senyawa flavonoid kuersetin dan tanin juga berfungsi menghambat aktivitas kolesterol dan pembentukan asam urat dalam tubuh.

5. Daun sirsak

Daun sirsak mengandung berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, tanin, acetogenin, fenolik, vitamin C, dan vitamin E yang bersifat antioksidan sehingga baik dalam menurunkan gula darah, asam urat, kolesterol tinggi hingga mencegah kanker. Daun sirsak juga memiliki kandungan kalium dan zat besi yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah.

6. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki antioksidan kuat sehingga dapat menurunkan koelsterol dan mengontrol memproduksi insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. Ekstrak daun pepaya secara signifikan juga dapat meningkatkan meningkatkan kadar trombosit darah sehingga melancarkan peredaran darah dan menurunkan hipertensi.

7. Daun kersen

Daun kersen memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin seperti vitamin A dan vitamin C, serta mengandung mineral seperti flavonioda, tannin dan saponin yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, gula darah dan asam urat. Daun kersen juga bersifat antiseptik dan anti inflamasi sehingga sangat baik dalam mengobati luka dan mengurangi peradangan.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa vitamin C, vitamin A dan flavonoid yang tinggi sehingga sangat baik dalam menurunkan kolesterol, gula darah dan darah tinggi. Daun jambu biji juga bermanfaat membunuh bakteri penyebab diare karena mampu menghambat aktivitas bakteri Staphylococcus aureus penyebab diare.

9. Daun jeruk

Daun jeruk mengandung senyawa antioksidan tinggi seperti flavonoid, steroid, kumarin, fenolik, tanin, saponin, terpen, dan minyak atsiri sehingga air seduhan atau rebusannya bisa menurunkan kolesterol, gula darah dan darah tinggi secara alami. Daun jeruk juga memiliki efek relaksasi karena aromatik yang ada pada daunnya.

10. Daun kemangi

Daun kemangi sudah lama dijadikan lalapan saat makan lauk gorengan, berlemak dan tinggi kolesterol, bukan tanpa alasan. Itu karena kemangi mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin C dan flavonoid sehingga mampu membantu menurunkan kolesterol, darah tinggi hingga menjaga gula darah. Kemangi juga bermanfaat membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

Itu dia beberapa daun penurun kolesterol dan gula darah yang biasa dijadikan bahan jamu yang cocok dimanfaatkan di rumah. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading