Sukses

Health

Cara Simpel Rebus Mengkudu untuk Turunkan Gula Darah hingga Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Morinda Citrifolia, buah yang memiliki nama ilmiah tersebut, dikenal luas di Indonesia karena manfaatnya yang banyak. Buah yang memiliki penampilan unik ini kaya akan antioksidan, vitamin, serta mineral. 

Seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya sebagai obata, melainkan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah ini juga kerap dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, asam urat, bahkan tekanan darah tinggi. Kendati rasanya pahit, khasiatnya sungguh luar biasa.

Salah satu cara untuk mengkonsumsi tanaman obat ini adalah dengan meminum air hasil rebusannya. Bagaimana cara merebus buah mengkudu secara optimal agar khasiatnya tetap terjaga akan dijelaskan dalam artikel ini. Informasi ini dirangkum dari beberapa sumber pada Rabu, 28 Februari 2024.

1. Siapkan Beberapa Bahan Rebusan

Beberapa bahan yang diperlukan adalah dua buah buah mengkudu yang sudah masak, 400 ml cairan, serta satu sendok makan madu yang akan digunakan untuk mengurangi rasa pahitnya nanti.

2. Bersihkan Buah Mengkudunya

Bersihkan buah mengkudu di bawah aliran air hingga semua bagian terbebas dari kotoran. Pastikan bahwa buah mengkudu yang digunakan telah matang sepenuhnya dan tidak terlalu lunak agar manfaatnya optimal.

3. Proses Merebus

Iris-iris buah mengkudu kemudian rebus dalam air mendidih selama sekitar 10 menit. Setelah itu, angkat dan saringlah air rebusan buah mengkudu.

4. Tambahkan Madu

Siapkan air rebusan mengkudu yang telah disaring, lalu campurkan dengan satu sendok makan madu atau secukupnya sesuai selera agar rasa pahitnya berkurang. Air rebusan mengkudu tersebut siap untuk diminum guna menurunkan kadar gula darah dan asam urat.

Daun Mengkudu Mengobati Penyakit Apa Saja?

  1. Mengurangi risiko kanker.
  2. Mengurangi risiko penyakit jantung.
  3. Memperlambat penuaan.
  4. Meningkatkan sistem imun.
  5. Menyembuhkan luka.
  6. Menurunkan berat badan.
  7. Mencegah terjadinya penyakit kronis.
  8. Mencegah TBC.

Berapa Kali Sehari Minum Air Rebusan Mengkudu?

Minum air rebusan daun mengkudu sehari 2 kali selama 3 hari. Setelah itu minum secara kondisional tergantung kondisi/pengobatan yang dilakukan. Berikut ini khasiat mengonsumsi daun mengkudu untuk kesehatan tubuh.

Mengkudu Sebaiknya Diminum Kapan?

Disebutkan melalui deherba.com, dosis yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi mengkudu bagi anda yang berusia di atas 16 tahun adalah meminum jus ini 2 kali sehari sebanyak 25 ml sekali minum, sebelum makan pagi dan sebelum makan malam.

Apakah Buah Mengkudu Bisa Mengobati Asam Lambung?

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat pace/ mengkudu/ buah noni untuk mengatasi radang lambung dan membantu menambah jumlah bakteri baik dalam lambung sehingga dapat mencegah infeksi bakteri Helicobacter pylori yang sering menyebabkan masalah pada lambung.

Apakah Mengkudu Baik untuk Ginjal?

WALAUPUN rupanya tidak seksi dan memiliki bau yang menyengat, namun buah mengkudu atau pace (morinda citrifolia) memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asam urat, reumatik, darah tinggi, diabetes, ginjal, kanker, alergi, asma, dan lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading