Sukses

Health

7 Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol dengan Alami dan Mudah Didapatkan

Fimela.com, Jakarta Obat tradisional telah lama digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kolesterol tinggi. Tingginya kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Untuk mengatasi masalah kolesterol, tidak selalu harus mengandalkan obat-obatan kimia.

Meskipun obat tradisional dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, namun perlu diingat bahwa pengobatan secara alamiah tidak bisa menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Kombinasi dengan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga, juga diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Sebelum mengonsumsi obat tradisional atau melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis yang berpengalaman. Tanyakan apakah obat tradisional yang akan dikonsumsi aman dan cocok untuk kondisi kesehatan. Berikut obat tradisional yang bisa menurunkan kolesterol secara alami:

Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol

1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal akan khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kandungannya juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sahabat Fimela dapat mengonsumsi alpukat saat pagi hari. Buah ini mengandung karbohidrat yang menyehatkan.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi oatmeal secara teratur dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Oatmeal bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Segera mulai minum teh hijau secara teratur untuk membantu mengatasi masalah kolesterol. Teh hijau dapat dikonsumsi saat pagi hari.

Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minum air perasan jeruk nipis setiap pagi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jeruk nipis juga bisa diganti dengan lemon.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak sehat dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kacang mete secara teratur dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Hati-hati mengonsumsi kacang, jika memiliki riwayat asam urat.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Gunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk memasak atau tambahkan ke dalam salad. Hindari penggunaan minyak goreng yang tinggi kolesterol.

Itulah beberapa obat kolesterol alami yang ampuh dan mudah didapat. Selain mengonsumsi makanan dan minuman di atas, penting juga untuk tetap menjalani gaya hidup sehat dan aktif, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk memantau kadar kolesterol dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading