Sukses

Health

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang memiliki banyak sekali penyebab, mulai dari genetik hingga pola hidup. Walaupun penyebabnya tidak pasti, tetapi dengan gaya hidup yang baik, para penderita tekanan darah tinggi dapat menstabilkan tekanan darahnya.

Pengobatan penyakit tekanan darah tinggi tidak melulu harus dengan obat, melainkan dapat dilakukan dengan pembenahan gaya hidup, seperti istirahat yang cukup dan pola makan yang diatur dengan baik. Dilansir dari Everyday Health, Vivek Bhalla, MD, founder dan director dari Stanford Hypertension Center at Stanford University School of Medicine in California mengatakan bahwa bahkan hampir sebagian besar penderita tekanan darah tinggi tidak memerlukan obat. 

Mengubah pola hidup secara mendadak merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Dilansir dari ndtv.com, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mulai menurunkan tekanan darah. Pastikan Sahabat FIMELA mengikuti ritme tubuh masing-masing karena kemampuan setiap orang itu berbeda. 

Langkah-langkah mudah menurunkan tekanan darah

1. Bangun tidur di jam yang konsisten

Dengan memiliki jam bangun tidur yang konsisten, tubuh akan membentuk “jam”nya sendiri. Apabila tubuh Sahabat FIMELA memiliki pembagian waktu yang jelas, nantinya tubuh tidak akan merasa kaget. Apabila tubuh kaget akan jam yang berganti-ganti secara tidak teratur, hal tersebut akan menyebabkan stres. Stres adalah salah satu pemicu tekanan darah tinggi.

Membangun jam tubuh merupakan salah satu langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menstabilkan tekanan darah. Namun, tentu harus dilakukan secara terus-menerus agar tubuh Sahabat FIMELA sadar akan waktu yang telah dibentuk untuknya.

2. Mulai hari dengan mengonsumsi segelas air mineral

Mungkin banyak dari Sahabat FIMELA yang gemar memulai hari dengan segelas kopi atau teh hangat untuk menemani rutinitas di pagi hari. Namun, kadar kafein yang terlalu banyak saat tubuh baru memulai “jam kerja”-nya ternyata buruk untuk kesehatan.

Mulailah hari Sahabat FIMELA dengan mengonsumsi segelas air mineral. Dengan mengonsumsi air mineral, tubuh menjadi terhidrasi dengan baik dan aliran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh. Apabila aliran darah Sahabat FIMELA lancar, tekanan darah juga akan menjadi stabil.

Pola hidup sehat jadi kunci utama penurunan tekanan darah

3. Sarapan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dan magnesium

Sarapan dengan gizi seimbang juga menjadi salah satu cara mudah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi makanan dengan serat dengan protein yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi pagi hari Sahabat FIMELA.

Dilansir dari Everyday Health, konsumsi makanan yang kaya akan potasium dan magnesium dapat membantu penurunan tekanan darah tinggi. Potasium akan menghambat efek yang diberikan oleh garam pada sistem kardiovaskular. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Kidney Medicine menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kadar magnesium lebih tinggi di dalam darah cenderung memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit tekanan darah tinggi.

Para ahli lebih merekomendasikan mengonsumsi makanan untuk asupan nutrisi yang baik daripada mengonsumsi obat. Makanan yang mengandung potasium dan magnesium antara lain adalah buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran.

4. Olahraga ± 30 menit selama 5 hari

Dilansir dari Everyday Health, olahraga yang teratur dapat memperkuat kekuatan jantung yang akan mempermudah kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan mudahnya jantung memompa, maka tekanan darah dalam tubuh tidak akan menjadi tinggi. Studi mengatakan bahwa olahraga di pagi hari merupakan saat yang paling baik bagi tubuh. Saat tubuh berolahraga, asupan oksigen dalam tubuh manusia dapat terpenuhi dengan baik.

5. Meditasi

Stres merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Dengan meditasi, Sahabat FIMELA akan memberikan waktu kepada tubuh untuk bernapas dan membuka jalur bagi oksigen untuk masuk ke dalam tubuh, terutama otak. Apabila tingkat stres berhasil diturunkan, maka tekanan darah juga bisa menjadi stabil.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading