Sukses

Health

5 Manfaat Serai untuk Tubuh dari Melawan Kanker hingga Gangguan Pencernaan

Fimela.com, Jakarta Halo Sahabat Fimela! Ternyata daun serai yang sering kita gunakkan sebagai bahan penyedap banyak khasiatnya loh. Serai baik untuk kesehatan dan meredakan gangguan pencernaan, mencegah kanker, gangguan pernafasan, dan masih banyak lagi. Serai memiliki antioksidan dan membantu menjaga kadar kolesterol, kesehatan sel, sistem saraf, kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Serai bisa dikonsumsi langsung, sebagai lotion atau dihirup sebagai aroma terapi. Serai mengandung magnesium, fosfor dan folat yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Maka dari itu, intip khasiat serai yang ampuh melawan berbagai penyakit. 

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Serai ampuh menjadi obat untuk sakit perut, kram, muntah, dan bakteri kotor dalam pencernaan. Serai mampu mengurangi efek buruk pada bakteri yang menyebabkan penyakit pencernaan seperti Escherichia coli. Bakteri tersebut dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan keracunan. Selain dikonsumsi secara herbal baik langsung maupun teh, serai juga bisa menyembuhkan pencernaan dengan dijadikan minyak esensial serai yang dapat membantu melindungi lambung dari tukak.

2. Melawan Kanker

Serai memiliki serat alami yang dapat membantu beberapa jenis kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh sel kanker. Serai adalah pengobatan alami rutin dan mandiri yang digunakan secara perlahan dibarengi dengan konsultasi dokter. Kamu bisa gunakan serai untuk melawan dan mencegahnya dari awal atau rutin mengkonsumsi untuk membunuh sel kanker secara perlahan. 

3. Pereda Sakit dan Penurun Demam

Bahan kimia alami serai membantu meredakan nyeri, bengkak, dan demam karena manfaatnya yang menenangkan. Serai membantu menurunkan suhu tubuh agar kembali normal saat demam. Dilansir dari Webmd.com serai memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Serai mengandung citral, senyawa tumbuhan alami dengan efek anti inflamasi.

4. Mampu Atasi Influenza

Serai memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, A dan mineralnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Sifat jamur pada serai membantu penyembuhan pilek dan flu. Antioksidan pada serai dapat memicu sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Serai memiliki kemampuan tradisional yang digunakan untuk mengobati dan menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit jantung. Dilansir dari Healthline.com sebuah studi tahun 2007 mendukung penggunaan serai untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi yang memicu penyakit jantung. Studi tersebut menemukan minyak serai secara signifikan mengurangi kolesterol pada hewan yang diberi diet tinggi kolesterol selama 14 hari.

Dengan mengkonsumsi rutin serai sebagai obat herbal, kamu bisa mencegah kanker dan menangkal banyak virus yang masuk ke dalam tubuh. Karena, serai memiliki banyak zat yang menambah sistem imun kekebalan pada tubuh dan membunuh sel-sel yang tidak baik bagi tubuh. 

Penulis : Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading