Sukses

Health

Perbanyak Olahraga, Yuk Hindari Kolesterol Tinggi dengan Melakukan Gaya Hidup Ini!

Fimela.com, Jakarta Dilansir dari heart.org, kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol dapat digunakan sebagai banyak hal dalam tubuh, seperti dalam proses pencernaan atau produksi hormon. Kolesterol datang dari dua sumber, yaitu dari organ hati dan makanan hewani seperti daging dan produk yang mengandung susu sapi. 

Kadar kolesterol yang normal akan memberikan manfaat pada tubuh. Namun saat kadar kolesterol semakin tinggi, maka ancaman bagi kesehatan tubuh juga semakin tinggi. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh manusia akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Terdapat dua tipe kolesterol, yaitu LDL yang merupakan kolesterol jahat dan HDL yang merupakan kolesterol baik. Kadar LDL yang berlebihan atau kadar HDL yang kurang akan membahayakan tubuh. Kolesterol dapat bergabung dengan zat yang lain, sehingga menyebabkan endapan yang tebal di dalam arteri. Dengan arteri yang sempit dan kurang fleksibel akan menyebabkan serangan jantung atau stroke. Gaya hidup yang sehat akan membantu memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Yuk, simak artikel ini!

Bagaimana cara menangani kadar kolesterol dalam tubuh?

Check

Periksakan kadar kolesterol Sahabat FIMELA agar mendapatkan gambaran yang pasti mengenai jumlah yang berada di dalam tubuh. Dengan mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, Sahabat FIMELA dapat menanggulangi atau mencegah penyakit lainnya.

Change

Ubah gaya hidup dan pola makan Sahabat FIMELA agar kadar kolesterol menjadi lebih baik.

Control

Kontrol terus kadar kolesterol Sahabat FIMELA agar tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Minta bantuan kepada para tenaga kesehatan profesional jika diperlukan.

Gaya Hidup Sehat untuk Hindari Kolesterol Tinggi

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah gaya hidup yang dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

Perbaiki pola makan

Makanan yang dikonsumsi menjadi kunci kadar kolesterol dalam tubuh. Kurangi lemak jenuh, seperti lemak pada daging merah. Dengan merngurangi lemak jenuh, kadar LDL dalam tubuh dapat berkurang. Kurangi lemak trans yang biasanya terdapat dalam margarin yang digunakan dalam kue kering atau biskuit. Makanlah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon dan ikan makarel. Perbanyak juga konsumsi soluble fiber (serat yang larut dalam air), seperti pada oatmeal, buah apel, dan pir. 

Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi serat dan rendah lemak, kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat berkurang. Selain jenis-jenis makanan, Sahabat FIMELA juga harus memperhatikan porsi makan. Pastikan porsi makan Sahabat FIMELA tidak berlebihan karena porsi makan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakut jantung. Dilansir dari Better Health Channel, porsi yang pas adalah ¼ protein, ¼ wholegrains, dan ½ sayur-sayuran.

Olahraga

Olahraga dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol baik (HDL) dapat meningkat dan memberikan dampak baik pada tubuh. Tentu kegiatan fisik yang dilakukan harus dengan persetujuan dari dokter agar disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jika kondisinya memungkinkan, Sahabat FIMELA dapat berolahraga selama 30 menit untuk 5 hari dalam seminggu atau melakukan olahraga aerobik selama 20 menit untuk tiga hari dalam seminggu. 

Terdapat beberapa olahraga sederhana yang dapat Sahabat FIMELA lakukan, seperti berjalan kaki di sela-sela waktu istirahat kerja atau bersepeda ke kantor pada pagi hari. Selain itu, Sahabat FIMELA dapat melakukan olahraga yang disukai agar terus semangat dan konsisten.

Berhenti merokok

Dengan berhenti merokok, kadar kolesterol baik dalam tubuh dapat meningkat. Dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung akan pulih dari efek rokok. Dalam waktu tiga bulan, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan membaik. Dalam satu tahun, risiko penyakit jantung akan berkurang setengah.

Kurangi berat badan

Berat badan berlebih akan menyebabkan kadar kolesterol jahat bertambah. Perbaiki pola makan dan perbanyak aktivitas fisik untuk mengurangi berat badan. Salah satu langkah mudah adalah mengganti minuman manis dengan air mineral. Upaya sekecil apapun akan memberikan dampak pada tubuh, jadi jangan takut untuk memulai, ya!

 

Penulis: FIMELA Karina Alya

 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading