Sukses

Health

5 Tanda Secara Emosional Kamu Overwhelmed

Fimela.com, Jakarta Rutinitas yang dilakukan setiap hari terkadang membuat kita merasa bosan dan kewalahan. Terlebih lagi saat banyak tuntutan dari pekerjaan datang bersamaan dengan tuntutan yang harus dipenuhi lainnya, seperti di rumah atau di masyarakat. Terlalu banyak hal dilakukan oleh pikiran dan fisik berpotensi menyebabkan kewalahan. Atau generasi sekarang menyebutnya dengan istilah overwhelmed.

Overwhelmed tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tanda seseorang secara emosional overwhelmed atau kewalahan agar segera ditangani dengan tepat. Dilansir dari Forbes.com, inilah 5 tanda tanda bila Sahabat Fimela secara emosional overwhelmed:

1. Lebih Sensitif dari Biasanya

Tanda paling sederhana yang dapat dikenali saat sedang overwhelmed adalah merasa lebih sensitif dari biasanya. Mudah kesal pada hal-hal yang tergolong biasa atau mudah tersinggung. Banyak hal-hal di sekitar yang menurutmu menganggu. Makin sensitif seseorang, maka akan sering ia kehilangan kendali pada dirinya. Juga menyebabkan peningkatan stres dan pertengakaran dengan orang-orang sekitar.

2. Lebih Sering Menangis

Selain sensitif, tanda selanjutnya adalah lebih sering menangis. Saat overwhelmed, terkadang Sahabat Fimela akan menangis secara tiba-tiba dan tidak mengetahui alasannya. Emosi yang belum sempat diproses saat sedang kewalahan akan membludak dan keluar dengan sendirinya. Tidak perlu malu saat menangis karena kewalahan. Karena menangis dibutuhkan agar membuat diri mengeluarkan emosi yang tidak nyaman dan merasa lega.

3. Menutup Diri dari Dunia Luar

Tidak ada salahnya jika ingin me time. Tapi jika me time berubah menjadi mengisolasi diri dari dunia luar, ini tidak boleh dibiarkan. Melepaskan diri perlahan dari dunia sekitar  menandakan ada sesuatu yang tidak beres dalam dirimu. Apapun yang terjadi, jangan melepaskan diri dari sekitar. Karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan bantuan dari pihak lain.

4. Merasa Kelelahan dan Sering Tidur

Kewalahan dapat membuat seseorang muak dengan kehidupannya sendiri. Kewalahan yang berlebih akan membuat tubuh lebih cepat lelah. Selain menutup diri, orang yang overwhelmed juga cenderung lebih sering tidur dari biasanya.  Terkadang tidur juga dijadikan metode untuk melarikan diri apabila sudah sangat kelelahan untuk menghadapi dunia.

5. Lebih Ceroboh dari Biasanya

Saat kewalahan, secara tidak sadar seseorang akan memandang segalanya secara negatif. Karena memandang semua dari pandangan negatif, maka tindakan yang dilakukan juga akan cenderung lebih ceroboh dari biasanya. Hal inilah dapat membawa bencana bagi diri sendiri dan orang lain. Frukuensi melakukan kecerobohan akan meningkat seiring dengan rasa lelah yang semakin menumpuk. Otak tidak akan mampu berpikir dengan jernih saat sedang overwhelmed.

Nah itu tadi adalah 5 tanda saat seseorang overwhelmed. Kenali tanda-tanda ini sebelum terlambat. Jaga kesehatan mental seperti Sahabat Fimela menjagag kesehatan fisik ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading