Sukses

Health

5 Jenis Makanan yang Efektif dan Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi telah dikenal sebagai penyebab utama berbagai masalah kesehatan, terutama penyakit jantung. Untuk mengendalikannya, memilih makanan yang tepat menjadi langkah awal yang penting. Apalagi saat menjalankan ibadah puasa, Sahabat Fimela harus memilih makanan dengan benar.

Pemilihan makanan bukan hanya tentang mengurangi lemak jahat, tetapi juga memperkaya diet dengan makanan yang mendukung kesehatan kardiovaskular. Banyak orang tidak menyadari bahwa ada berbagai pilihan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penyakit jantung dan kesehatan tubuh lainnya.

Lakukan pengecekan kolesterol secara rutin, untuk mencegah penyakit jantung. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter, agar bisa memilih dan mengonsumsi makanan bebas kolesterol. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol selama puasa:

Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Sayuran Hijau

Lancarkan puasa dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kubis, dan brokoli. Serat yang terkandung di dalamnya memiliki peran dalam mengikat asam empedu. Manfaatnya kemudian membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

2. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya menaikkan cita rasa masakan, tapi juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kandungan nutrisi unik yang terkandung di dalamnya akan membantu menurunkan kolesterol dengan cepat.

3. Buah-buahan Kaya Serat

Sajikan jeruk, apel, anggur, dan stroberi sebagai camilan kaya serat pektin saat buka puasa. Buah-buahan ini efektif mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh juga baik untuk dikonsumsi. Contohnya biji bunga matahari, gandum, dan chia seed yang bernutrisi. Serat larut beta-glukan yang ada di dalam biji-bijian ini sangat efektif menurunkan kadar kolesterol.

5. Ikan Panggang

Ikan seperti salmon dan tongkol adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Memanggang ikan dengan rempah sehat layaknya lada, garam, dan jeruk nipis tidak hanya lezat namun juga baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Hidup sehat dengan memilih makanan yang tepat selama puasa akan membantu mengelola kadar kolesterol. Jangan lupa, olahraga rutin juga berperan penting dalam mempertahankan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading