Sukses

Health

5 Rekomendasi Bahan Alami yang Redakan Sakit Gigi dengan Cepat dan Praktis

Fimela.com, Jakarta Obat sakit gigi berbahan alami yang biasa ditemukan di rumah bisa menjadi solusi praktis sebelum menemui dokter gigi. Ketika gigimu sudah mulai merasakan kerusakan gigi, penyakit gusi, dan lain-lain, akan lebih baik jika kamu langsung berkonsultasi dengan dokter gigi. Bahan alami yang disarankan hanya untuk meredakan sakit gigi secara praktis sebelum diperiksa lebih lanjut.

Sakit gigi merupakan sakit yang tidak tertahankan dan merangsang sistem saraf. Sakit gigi dapat dikaitkan dengan penyakit lain, jadi penting untuk menemui dokter gigi terkait permasalahan ini. Jika kamu mengalami sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar permasalahannya. Dari sana, kamu dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya.

Rekomendasi bahan rumahan dan alami untuk mengatasi nyeri gigi mungkin bisa kamu lakukan dengan cepat dan meringankan nyeri. Jika gejala kamu menetap lebih dari satu atau dua hari, temui dokter gigi. Dokter gigi dapat memberikan panduan tentang cara meringankan gejala dan mencegah rasa sakit berkelanjutan.

1. Air Garam

Bilas dengan menggunakkan air garam merupakan pengobatan instan pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami dan membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela gigi. Berkumur dengan air garam juga mengurangi peradangan dan menyembuhkan sariawan. Kamu hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Dengan begitu saline dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

2. Bawang Putih

Bawang putih efektif dalam mengobati periodontitis atau penyakit gusi dan kondisi gigi lainnya. Kanker mulut dan sariawan juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih. Hal ini dikarenakan allicin, senyawa dalam bawang putih, memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kamu bisa menggunakkan bawang putih blender dan gosokkan ke gusi atau gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dan diamkan beberapa menit setelah makan. 

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bermanfaat dalam perawatan gigi, termasuk menghilangkan plak gigi dan kemampuannya mengurangi gingivitis penyebab nyeri. Dengan sifat antiseptik dan anti inflamasinya, cuka sari apel dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan nyeri. Cukup oleskan ke area yang terkena dengan menggunakkan kapas.

4. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk mengurangi peradangan gusi dan sakit gigi. Kamu bisa menggunakkan kunyit untuk berkumur atau diblender dan gosokkan ke gigi dengan menggunakkan kapas. 

5. Cengkeh

Cengkeh efektif dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Encerkan cengkeh dengan menggunakkan sedikit olive oil dan oleskan ke kapas lalu oleskan ke gigi. Kamu juga bisa membuat obat kumur cengkeh dan lakukan selama beberapa kali hingga nyeri pada gigi reda. 

Nah itu dia beberapa rekomendasi bahan alami yang mudah kamu temukan di rumah. Jika kamu mengalami nyeri gigi, kamu bisa lakukan dengan menggunakkan bahan diatas terlebih dahulu secara paktis. Jika kamu mengalami sakit gigi berkepanjangan, akan lebih baik jika kamu pergi ke dokter gigi dan berkonsultasi.

Penulis: Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading