Sukses

Health

7 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Ampuh

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela mengalami sakit gigi dan tak kunjung sembuh? Sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari bagi yang mengalaminya. Bahkan ada yang sampai tidak bisa membuka mulut, akibat mengalami sakit gigi dan gusi bengkak.

Sakit gigi bisa ditandai dengan gejala-gejala umum, seperti gusi bengkak dan gusi berdarah. Untuk sakit gigi kronis, biasanya orang yang mengalaminya akan mengalami pembengkakan di area wajah, hingga merasakan sakit kepala. Sehingga sakit gigi ini harus segera diwaspadai dan diperiksakan.

Ada baiknya untuk rutin membersihkan gigi, agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Selain itu, konsultasikan kesehatan gigi dengan dokter secara berkala. Agar tidak sakit gigi, simak cara mengobati sakit gigi yang ampuh berikut ini:

Cara Mengobati Sakit Gigi

1. Paracetamol

Cara mengobati sakit gigi yang pertama adalah dengan obat paracetamol. Obat ini dapat dibeli di apotik tanpa menggunakan resep dari dokter. Paracetamol bisa membantu mengatasi nyeri akibat sakit gigi. Dosis yang tepat untuk orang dewasa adalah 1000 mg tiap 6-8 jam atau 2 tablet 500 mg diminum tiap 4-6 jam. Untuk anak usia 12 tahun lebih, bisa mengonsumsi maksimal 4000mg sehari, yaitu 1000 mg 3-4 kali sehari. Sedangkan untuk anak usia 6bulan hingga 12 tahun disarankan untuk 10-15 mg/kg/ dosis tiap 4-6 jam saat diperlukan dan jangan melebihi 5 dosis dalam 24 jam.

2. Ibuprofen

Ibuprofen adalah golongan obat yang sama dengan paracetol. Obat ini tergolong obat NSAID atau obat antiinflamasi nonsteroid. Ibuprofen mampu mengurangi peradangan gusi yang disebabkan sakit gigi. Dosis yang tepat untuk dewasa dan remaja adalah sekitar 200-400 mg setiap 4-6 jam, sedangkan untuk anak usia 6bulan lebih dosis maksimalnya adalah 40 mg/kg per hari.

3. Antibiotik

Antibiotik termasuk obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit gigi. Tetapi obat ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Aturan minum obat antibiotik ini harus sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. Biasanya antibiotik yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah klindamisin, amoxicillin, metronidazol, eritromisin, dan lain sebagainya.

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Selanjutnya

4. Rajin Menggosok Gigi

Sahabat Fimela perlu menggosok gigi untuk membuat sakit gigi sembuh. Menggosok gigi harus dilakukan dengan benar, yaitu dilakukan selama 2 menit, dengan gerakan memutar dan menjangkau sela-sela gigi. Selain itu, gunakan sikat gigi dengan bulu halus, agar tidak melukai gusi, gigi dan mulut saat menggosok gigi.

5. Gunakan Pasta Gigi Flouride

Pasta gigi yang memiliki kandungan mineral fluoride, membantu mengembalikan mineral gigi, yang hilang karena asam yang menempel di lapisan gigi. Menggosok gigi dengan pasta gigi flouride akan membuat sakit gigi cepat sembuh. Karena lapisan enamel gigi akan lebih kuat, serta dapat mengurangi risiko pembusukan gigi akibat makanan dan minuman asam.

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terakhir

6. Gunakan Cairan Kumur

Cairan kumur bisa membantu membersihkan sisa makanan, membunuh bakteri pada area gigi, dan membantu menyegarkan napas. Rajin menggunakan cairan kumur seelah menggosok gigi, akan membuat gigi lebih sehat dan sakit gigi akan terobati. Pastikan jangan sampai menelan cairan kumur.

7. Kumur Air Garam

Cara mengobati sakit gigi yang terakhir, yaitu dengan minum air garam yang hangat. Caranya sangat mudah, gunakan segelas air hangat dan beri sesendok air garam. Kemudian gunakan air garam ini untuk berkumur pada gigi yang sakit. Lakukan secara rutin sampai sakit gigi sembuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading