Sukses

Health

6 Rahasia Awet Muda dari Cara Mengubah Kebiasaan Makan Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Penuaan tubuh adalah proses alami yang akan dialami setiap manusia. Itu menjadi hal yang lumrah dan wajar adanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa mengusahakan sesuatu untuk memperlambat penuaan tersebut, karena mau bagaimana pun, usaha menjaga dan membuat tubuh tetap sehat, bugar dan awet muda juga akan dihargai oleh Sang Maha Pemberi Kehidupan. Ada banyak cara agar kita bisa tampil awet muda dan cantik alami, mulai saja dari mengatur pola makan yang baik. Ini beberapa rahasia awet muda dari mengubah kebiasaan makan kita sehari-hari.

1. Banyak minum air putih

Mulai hari dengan minum air putih paling tidak satu gelas penuh, karena tubuh mengalami dehidrasi setelah 'berpuasa' sepanjang malam. Minum air putih juga bisa mengaktifkan metabolisme sekaligus membantu mengeluarkan zat sisa dari tubuh. Konsentrasi juga lebih baik ketika perut sudah terisi air putih di pagi hari sehingga kita lebih siap memulai rutinitas. Nilai tambahnya lagi, minum air putih bisa memperpanjang rasa kenyang di pagi hari sebelum kita makan apa pun.

2. Makan hanya ketika lapar

Aturan ini harus diterapkan oleh siapa pun yang ingin menurunkan berat badan secara alami, apalagi jika kurang suka olahraga. Makan ketika lapar tampaknya sederhana, tapi banyak orang yang kesulitan. Rasa lapar bisa disinyalkan oleh otak ketika benar-benar lapar atau ketika sedang haus dan stres. Kenali tubuhmu dengan baik. Ketika merasa lapar coba minum air putih. Jika masih lapar, lanjutkan makan makanan berat secukupnya. Jangan ngemil, karena itu adalah respon lapar saat tubuh stres, yang kamu butuhkan adalah istirahat atau mencari hiburan.

3. Kurangi tepung terigu

Begitu bangun tidur di pagi hari, ada dua jenis orang yang bisa kita bedakan, orang yang suka sarapan dan yang tak terbiasa sarapan. Orang-orang yang suka sarapan mungkin akan craving sesuatu yang manis dan mengenyangkan. Tapi hindari memilih makanan dengan bahan tepung terigu seperti roti, biskuit, pizza dan mi. Pilih makanan dengan karbohidrat kompleks seperti kentang kukus, jagung rebus atau oatmeal. Tepung terigu menjadi penyebab kegemukan dan naiknya risiko diabetes.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Selain menghindari tepung terigu dan ngemil, aturan tubuh awet muda alami adalah banyak makan buah dan sayur, lalu kurangi nasi putih. Buah dan sayur memiliki lebih banyak serat, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat akan butuh waktu untuk dicerna usus, sehingga tubuh akan terdorong menggunakan lemak tubuh yang menumpuk agar bisa diubah menjadi energi. Itulah bagusnya efek makan makanan berserat seperti sayur dan buah.

5. Kurangi gula dan makanan manis

Banyak orang mengabaikan bahaya gula, padahal gula memiliki andil besar mempercepat penuaan dini. Gula dapat menyebabkan glikasi lalu merusak kolagen pada kulit sehingga mempercepat kulit keriput dan kendur. Gula juga membuat insulin bekerja lebih keras sehingga tubuh berisiko mengembangkan diabetes, juga cenderung akan diubah dan disimpan sebagai lemak sehingga membuat tubuh kegemukan.

6. Hindari makanan instan

Satu aturan lagi agar tubuh awet muda adalah kurang-kurangi makan makanan instan. Hindari mie instan, makanan kalengan, dan makanan olahan seperti sosis, nugget, smoked beef dan semacamnya. Bukan hanya tinggi natrium, tapi juga kalori dan pengawet makanan, sedangkan gizinya belum tentu baik. Apa pun makanan yang tidak alami dan tidak organik, sebaiknya hindari.

Itu dia sekian rahasia awet muda dari mengubah kebiasaan makan.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading