Sukses

Health

5 Cara Alami Mengatasi Sembelit, Perhatikan Posisi Jongkok saat BAB

Fimela.com, Jakarta Sembelit adalah suatu kondisi dimana seseorang sulit buang air besar. Biasanya sembelit ditandai dengan buang air besar hanya tiga kali atau kurang dalam kurun waktu seminggu. Ada komplikasi yang bisa dicapai jika mengalami sembelit seperti menyebabkan prolapsed rectum.

Prolapsed rectum adalah ketika rektum dalam usus besar menonjol keluar dari anus. Sembelit bisa diatasi dengan banyak cara alami yang bisa kamu terapkan sebagai suatu bentuk kebiasaan. 

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi jika terkena sembelit. Beberapa diantaranya, seperti daun sena, biji ada, dan juga lidah buaya. Sembelit dapat diatasi dengan berbagai cara alami. Ini dia beberapa tips cara alami dalam mengatasi sembelit. 

Posisi saat BAB

Lakukan posisi jongkok pada saat buang air besar. Karena, jika kamu menggunakkan posisi jongkok, dapat meluruskan sudut usus dan membuat feses bisa keluar lebih cepat. Sembelit salah satunya bisa terganggu karena pada posisi buang air besar terganggu dan tidak melancarkan keluarnya kotoran pada tubuh dengan maksimal. Sehingga, feses yang keluar tidak maksimal dan mengendap dalam tubuh. 

Cairan Tubuh

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Perhatikan apa dan berapa liter yang kamu minum. Lebih baik jika minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini sangat baik untuk pencernaan dan detoksifikasi dalam tubuh. Sehingga, kotoran pada tubuh terdorong dengan mineral. 

Makanan Berserat

Jangan skip makan buah dan juga sayuran. Banyak hal yang bisa kamu olah menggunakkan bahan makanan berserat. Makanan yang berserat membuat sistem pencernaan akan lebih lancar. Makan makanan yang mengandung prebiotik juga baik bagi tubuhmu. 

Konsumsi Obat

Kamu bisa mengkonsumsi obat pelancar buang air besar atau sembelit dari dokter atau sesuai dengan kadar dosis yang ditentukan. Gunakkan obat yang aman dan alami bagi tubuh sangat baik bagi pencernaan yang tersumbat. Cobalah perhatikan bahan alami yang terkandung pada obat yang akan dikonsumsi. 

Air Hangat

Gunakkan air hangat disekitar pinggang untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh rileks. Hal ini akan membuat peredaran dalam tubuh lebih lancar dan membuat tubuh tidak stress karena pencernaan yang tersumbat. 

Nah itu dia beberapa tips alami yang bisa kamu upayakan jika terjadi sembelit. Jangan sampai lupa makan atau mengkonsumsi makanan sembarangan ya. Optimalkan untuk tetap hidup teratur agar kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat, stay positive! 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading