Sukses

Health

Perangi Isu Depresi dan Kecemasan di Indonesia, Maybelline New York Bangun Gerakan Brave Together

Fimela.com, Jakarta Maybelline Brave Together adalah inisiatif yang diluncurkan oleh Maybelline new York secara global pada tahun 2020 untk memberi akses konseling satu banding satu secara gratis untuk atasi isu kecemasan dan depresi. 

Dengan inisiasi ini, maka WHO mengapresiasi Maybelline lewat serial mini dokumenter bertajuk “Healthier Together” yang diproduksi oleh BBC StoryWorks Commercial. 

“Inisiatif Maybelline Brave Together pertama kali diluncurkan tahun 2020 dan diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2022 untuk mendukung generasi muda Indonesia menghadapi isu kecemasan dan depresi. Sejak saat itu, Maybelline secara konsisten memberi akses konseling gratis dan edukasi untuk tingkatkan kesadaran akan pentingnya merawat kesehatan mental, terutama kecemasan dan depresi,” ungkap Carla Mangindaan, Brand General Manager Maybelline Indonesia.

 

Kesehatan mental menjadi isu yang patut diperhatikan

Menurut “indonesia Gen Z Report 2024”, kesehatan mental menjadi salah satu dari tiga isu yang jadi perhatian Gen-Z dan milenial Indonesia, selain ketenaran sosial dan ekonomi serta hak asasi manusia dan keadilan sosial. Namun stigma negatif seputar kesehatan mental dan kurangnya akses pelayanan, menjadi penghambat atau barrier utama pemulihan.

Di Indonesia, Maybelline New York bekerja sama dengan KALM, sebiah platform konseling online berbasis aplikasi yang menaungi lebih dari 200 orang psikolog profesional, untuk mendobrak barrier ini lewat akses konseling gratis berbasis aplikasi. 

Berikut fakta menariknya:

- Sejak tahun 2022, tercatat kenaikan partisipasi konseling Brave Together di Indonesia lebih dari 2x lipat di tahun 2023. 

- Sesi konseling didominasi oleh Gen-Z berusia 19-27 tahun, di mana 86% adalah perempuan. 

- KALM mencatat bahwa tiket sesi konseling sering diklaim selepas pukul 18.00-20.00. 

- 73% peserta konseling melaporkan gejala kecemasan dan depresi dengan ciri yaitu cemas, gugup, gelisah, serangan panik, sulit konsentrasi, sering kelelahan. 

 - 94% peserta mengatakan terbantu dengan koneling gratis dan psikolog yang kompeten. 

 - Selama tahun 2023, lebih dari 40.000 sesi konseling profesional gratis telah diberikan. Maybelline New York berkomitmen untuk terus melanjutkannya. 

Karina Negara, Psikolog Klinis dan Co-Founder KALM menyebutkan jika “Apresiasi sebesar-besarnya bagi Maybelline New York yang telah memberikan akses konseling gratis bagi masyarakat Indonesia yang mau menjaga kesehatan mentalnya. Kami bersyukur KALM dapat menjadi bagian dari inisiatif yang inklusif ini karena Brave Togethter berhasil membuka akses konseling bagi mereka yang sebelumnya terhambat karena alasan finansial maupun geografis. Peserta konseling Brave Together tidak hanya dari pulau Jawa, tapi juga dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku.” Ungkapnya.

“Kami juga memberi traning Brave Talk untuk membantu setipa orang bisa jadi pendengan tang baik kepada lebih dari 1.500 orang. Misi Maybelline New York adalah memberikan rasa percaya diri kepada setiap orang untuk mengekspresikan kecantikan mereka. Kami tahu bahwa makeup menjadi salah satu cara, tapi usaha yang sesungguhnya dimulai dari dalam, yaitu dari mental yang sehat,” ujar Carla.

Secara global, brave Together membantu lebih dari 1,65 juta orang untuk mendapatkan bantuan konsultasi 1:1 secara gratis di 34 negara dengan lebih dari 45 LSM lokal. 

Perlu bantuan? atau ingin lebih tahu banyak tentang isu depresi dan kecemasan? unduh aplikasi KALM dan masukan kode voucher “BRAVE 33-33-33-33”

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading