Sukses

Info

Saat Pasien COVID-19 Selesai Isoman 10 Hari, Status Warna di PeduliLindungi Berubah

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang dinyatakan positif COVID-19, status warna pada kolom Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19 di aplikasi PeduliLindungi miliknya akan berubah menjadi hitam. Status warna akan kembali berwarna hijau saat sudah masuk dalam kriteria Selesai Isolasi.

Keterangan tersebut tertuang dalam HK 02.01/MENKES/18/2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron. "Pada Kasus Konfirmasi, status hitam kembali ke warna semula setelah tes PCR ulang dua kali dengan dengan hasil negatif paling cepat dilakukan pada H+5 dan H+6 sejak posiif dengan selang waktu pemeriksaan miminal 24 jam," tutur Staf Ahli Menteri Kesehatan Badan Teknologi Kesehatan Setiaji di Jakarta, Selasa (15/2) seperti yang dilansir dari laman Liputan6.com.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa jika tanpa tes ulang, kata Setiaji, status hitam otomatis selesai pada H+10, mengutip keterangan resmi Kementerian Kesehatan.

Adapun hari pertama positif COVID-19 terhitung mulai dari tanggal hasil lab keluar. Berikut contoh perhitungan tanggal konfirmasi positif dan tes ulang:

01 Februari hasil tes Antigen/PCR keluar – hari pertama positif

02 Februari H+1 positif

03 Februari H+2 positif

04 Februari H+3 positif

05 Februari H+4 positif

06 Februari H+5 positif – tes PCR ulang pertama

07 Februari H+6 positif – tes PCR ulang kedua 

Tes Ulang Harus dengan PCR

Tes ulang harus melalui pemeriksaan PCR. Hasil tes negatif dengan Antigen tidak diakui. Apabila hasil kedua tes PCR ulang negatif, status hitam selesai dan otomatis kembali ke warna semula.

Tanpa tes ulang menggunakan PCR atau ketika hasil tes masih positif, isolasi mandiri wajib dilanjutkan sampai minimal 10 hari dan status hitam selesai pada H+10 sejak dinyatakan positif COVID-19 dengan perhitungan sebagai berikut:

08 Februari H+7 positif

09 Februari H+8 positif

10 Februari H+9 positif

11 Februari H+10 positif – isolasi mandiri selesai

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya. Stay safe and healthy!

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading