Sukses

Info

Kabar Baik! Kini Pasien Positif Covid-19 dari Hasil Antigen Dapat Layanan Telemedicine dan Obat Gratis

Fimela.com, Jakarta Kabar baik dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Sahabat Fimela. Kini, layanan telemedicine dan pengiriman paket obat gratis bisa didapatkan oleh pasien isolasi mandiri dengan hasil pemeriksaan RDT Antigen Positif Covid-19.

Sebelumnya, akses layanan telemedicine dan paket obat Covid-19 gratis hanya bisa didapatkan pada pasien positif menggunakan tes PCR.

Namun, Kemenkes telah memperluas sasaran layanan telemedicine gratis bagi pasien positif Covid-19 yang hanya melakukan tes antigen. Akses layanan telemedicine dan obat gratis ini mulai bisa digunakan pada, 16 Februari 2022.

“Kami menambahkan fitur lain di layanan telemedicine, mulai nanti sore (16/2) kita juga akan mengcover pasien yang melakukan tes lab antigen yang positif,” kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji di Jakarta pada Rabu (16/2), dikutip dari situs resminya.

Cara Mendapatkan Layanan Telemedicine Gratis Bagi Pasien Positif Hasil Antigen

Lebih lanjut, Setiaji mengungkapkan untuk mendapatkan layanan telemedicine gratis, pasien harus melakukan pemeriksaan RDT-Antigen di fasilitas kesehatan atau laboratorium yang terafiliasi dengan sistem NAR Kemenkes.

Jika hasil RDT-Antigen positif, faskes dan lab pemeriksa harus menginput hasilnya ke NAR Antigen Kemenkes. Selanjutnya, pasien otomatis akan mendapatkan WhatsApp (WA) konfirmasi.

Namun, apabila kamu tidak mendapatkan WhatsApp konfirmasi, bisa langsung cek NIK secara manual di https://isoman.kemenkes.go.id/.

“WA konfirmasi tersebut bisa digunakan untuk konsultasi dokter dan menebus pakai obat gratis. Obat disediakan Kimia Farma dan dikirimkan oleh SiCepat. Saat ini kita sudah mempercepat layanan ini, sehingga maksimal 24 jam sudah sampai di rumah pasien yang melakukan isoman,” ujarnya.

Layanan Telemedicine Bakal Diperluas ke Luar Pulau Jawa-Bali

Tak hanya itu, Kemenkes juga akan memperluas layanan telemedicine bagi pasien isolasi mandiri ke luar Pulau Jawa-Bali yakni Medan, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Manado, dan Makassar.

Sebagai informasi, layanan telemedicine hadir untuk mempermudah pasien isoman mendapatkan layanan kesehatan dan akses obat-obatan dengan risiko kesehatan yang minim.

Sebagai informasi, layanan telemedicine hadir untuk mempermudah pasien isoman mendapatkan layanan kesehatan dan akses obat-obatan dengan risiko kesehatan yang minim.

Saat ini, total ada 17 platform yang telah bekerja sama dengan Kemenkes untuk menyediakan layanan telemedicine gratis bagi pasien positif Covid-19 yang isolasi mandiri. Adapun platform telemedicine tersebut adalah Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading