Sukses

Info

Pesan Jokowi di Hari Raya Nyepi, Selaraskan Mata dan Hati

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi kepada masyarakat Hindu yang merayakan.

Hari Raya Nyepi sendiri jatuh pada Kamis (3/3/2022) menurut Tahun Baru Saka 1944.

"Dalam hening kita melihat dengan mata dan hati yang bening. Kita selaraskan niat, pikiran, dan langkah menuju Indonesia yang kita cita-citakan bersama. Indonesia yang maju," kata Jokowi melalui Instagramnya.

Di Hari Raya Nyepi ini, Jokowi meminta masyarakat Indonesia untuk bisa menyelaraskan niat, pikiran, dan langkah Indonesia melalui mata dan hati.

 

Dirayakan selama 24 jam

Hari Raya Nyepi sendiri juga sering disebut sebagai perayaan pergantian Tahun Saka. Perayaan ini juga menjadi momen bagi umat Hindu untuk memohon kepada Tuhan agar dapat menyucikan manusia dan alam semesta.

Setiap tahun, pergantian Tahun Saka dengan Hari Raya Nyepi dirayakan selama 24 penuh.

 

Makna Hari Raya Nyepi

Perayaan Hari Raya Nyepi sendiri memiliki makna yang mendalam dan sesuai dengan kehidupan di masa kini. Hari Raya Nyepi ini memiliki makna untuk mendorong umat Hindu secara ritual dan spiritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan.

Selama 24 jam, umat Hindu melepaskan diri dari hal-hal duniawi yang mengajarkan untuk melepaskan sifat-sifat serakah yang melekat pada diri manusia. Di mana umat Hindu tidak menyalakan api, termasuk memasak yang disebut Amati Geni, tidak bekerja yang disebut Amati Karya, tidak bepergian yang berarti Amati Lelungan, dan tidak mencari hiburan atau Amati Lelanguan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading