Sukses

Info

Mengenal Fitur Moderator di Instagram yang Bikin Live Jadi Lebih Positif

Fimela.com, Jakarta Selama masa pandemi, fitur Live di Instagram menjadi cukup populer untuk menggarap konten interaktif. Untuk membuat Live di Instagram menjadi lebih baik.

Pada 11 Maret lalu, Instagram resmi meluncurkan fitur Moderator secara global. Fitur ini berguna untuk membantu pengguna Instagram ciptakan pengalaman Live yang lebih aman dan nyaman.

“Mulai hari ini, pengguna Instagram di Indonesia akan mulai melihat fitur Moderator saat melakukan Live. Moderator bertugas untuk memitigasi berbagai macam bentuk tindak pelecehan dan perundungan yang terjadi selama Live berlangsung. Kami mengerti pentingnya ruangan virtual yang positif bagi pengguna Instagram, khususnya para kreator, dan kami berharap para kreator dapat lebih fokus terhadap kualitas konten yang dibagikan saat Live dengan adanya fitur baru ini," ungkap Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik.

 

Tahapan menggunakan fitur Moderator

Kreator dapat memilih siapa pun yang dipercayainya untuk menjadi Moderator, terlepas orang itu merupakan pengikutnya atau tidak. Moderator terpilih dapat membantu laporkan komentar sensitif, membungkam komentar yang dianggap kurang pantas, atau bahkan menghapus penonton yang menunjukkan perilaku tidak wajar agar sesi Live berjalan dengan baik.

Berikut beberapa langkah untuk menunjuk Moderator untuk Live:

1. Kreator dapat menunjuk Moderator selama Live dengan dua cara :

  1. Ketuk ikon tiga titik (“...”) di kolom komentar dan pilih fitur “Tambahkan Moderator”. Kreator dapat mencari username secara spesifik atau langsung menambahkanModerator dari daftar “Disarankan”, lalu ketuk tombol “Tambahkan”. Setelah itu, pemberitahuan konfirmasi akan muncul di layar dan menjelaskanperan Moderator secara singkat. kreator dapat mengetuk tombol “Konfirmasi”untuk menyelesaikan proses penunjukkan.
  2. Ketuk tombol “call-to-action” untuk menambahkan Moderator selama Live, jika kreatorbelum melakukan langkah pertama. Saat mengetuk tombol “call-to-action”, layar akan beralih ke lembar penonton dimana kreator dapat memilih salah satu username. Ketuk fitur “TambahkanModerator” dan kreator akan menerima pemberitahuan konfirmasi.

2. Kreator dapat menghapus Moderator kapan saja dengan membuka lembar penonton, ketukusername Moderator, lalu pilih fitur “Hapus sebagai Moderator”.

3. Moderator akan muncul di daftar penonton paling atas dengan teks pendamping “Moderator”.

4. Setelah Live berakhir, kreator dapat meninjau tindakan yang sudah dilakukan oleh Moderator dan mengambil beberapa langkah tambahan, seperti blokir penonton, hapus penonton sebagai pengikut, dan sembunyikan video siaran langsung dari penonton.

Cara Moderator menjaga Live

Sedangkan di bawah ini adalah beberapa langkah bagi Moderator untuk menjaga Live agar berjalan dengan baik:

1. Penonton Live akan menerima notifikasi jika ia ditunjuk sebagai Moderator.

2. Moderator akan muncul di daftar penonton paling atas dengan teks pendamping “Moderator”.

3. Ketika Moderator mengetuk sebuah komentar, berikut beberapa fitur tindakan yang akanotomatis muncul:a. Laporkan komentar.b. Hapus dari video siaran langsung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading