Sukses

Info

5 Aplikasi untuk Pantau Arus Mudik Lebaran Wajib Dimiliki, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Kini, pandemi Covid-19 yang mulai mereda membuat masyarakat mulai bisa mudik mengunjungi kampung halaman. Lebaran yang identik dengan mudik tentu akan semakin meriah di tahun ini. 

Untuk mengantisipasi macet di jalan, tentu Sahabat Fimela harus rajin mengetahui informasi terkini mengenai mudik. Bahkan sejumlah jalan juga membuat kebijakan contraflow, sehingga jangan sampai kamu terjebak. 

Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik, maka mulailah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan memiliki aplikasi yang bisa memberikan informasi mengenai mudik. penasaran apa saja aplikasi tersebut? Dikutip dari Liputan6.com, simak selengkapnya berikut ini. 

Google Maps

Google Maps menjadi aplikasi pemetaan yang cukup banyak digunakan. Aplikasi ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap, seperti petunjuk jalan, navigasi, termasuk kondisi lalu lintas.

Kondisi lalu lintas di perjalanan biasanya ditunjukkan dengan warna hijau, kuning, dan merah. Selain itu, aplikasi juga bisa memberikan rekomendasi rute alternatif ketika melakukan perjalanan.

Pengguna juga dimungkinkan untuk memakai aplikasi ini tanpa terhubung dengan internet. Sebab, pengguna bisa mengunduh terlebih dulu informasi di sebuah kawasan yang dibutuhkan.

HERE WeGo

Informasi yang ditawarkan pun terbilang lengkap, sehingga bisa dijadikan aplikasi peta dan navigasi alternatif.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh petan dan informasi wilayah tertentu. Jadi, pengguna dapat memakainya tanpa perlu terhubung dengan internet.

Travoy

Travoy

merupakan aplikasi berisi informasi jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal pula sebagai Jasa Marga Live.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk informasi lalu lintas.Mengingat aplikasi ini berasal dari Jasa Marga, informasi yang ditampilkan lebih luas mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pemesanan kendaraan derek di jalan tol apabila terjadi kondisi darurat. Aplikasi ini juga menyediakan informasi rest area terdekat dan kapasitas parkir yang tersedia secara real time.

Waze

Secara fungsi, Waze memiliki fitur yang serupa dengan Google Maps. Pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk mengetahui rute perjalanan termasuk memantau kondisi lalu lintas.

Hanya yang membedakan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk turut berpartisipasi dalam memberikan informasi di rute yang dilaluinya. Dengan informasi ini, antar pengguna bisa saling membantu untuk memberikan informasi terkini seputar arus lalu lintas.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading