Sukses

Food

5 Cara Mencegah Masuk Angin saat Melakukan Perjalanan Mudik

Fimela.com, Jakarta Saat melakukan perjalanan mudik, kita rentan mengalami masuk angin. Apalagi bagi yang menggunakan kendaraan roda dua dan harus menempuk jarak yang cukup jauh, terpaan angin dan faktor cuaca bisa membuat kita gampang kena masuk angin. Menjaga kondisi tubuh tetap bugar pun menjadi kunci utamanya.

Melansir laman Liputan6.com, masuk angin sendiri umumnya ditandai dengan perasaan tidak nyaman, kepala pusing, perut mual, mulut terasa tidak enak, muntah, stres juga keluarnya keringat dingin dari tubuh. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk mencegah masuk angin saat mudik. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Umumnya, orang dewasa perlu mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Karena air putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendetoksifikasi racun, menghidrasi tubuh, dan meningkatkan energi. Jadi, pastikan selama melakukan perjalanan mudik, air putih selalu ada dan tersedia.

2. Tidur Cukup sebelum Melakukan Perjalanan

Usahakan untuk mendapat tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Tiap malam setidaknya dapatkan tidur berkualitas selama 8 jam. Dengan begini, tubuh akan lebih bugar dan ketika melakukan perjalanan tidak gampang jatuh sakit.

 

3. Minum Air Jahe Hangat

Sebelum berangkat mudik, bisa minuma segelas air jahe hangat. Atau bisa juga membekal jahe hangat dalam termos untuk dibawa dalam perjalanan. Jahe memiliki kandungan senyawa anti radang, yang bisa membantu menyembuhkan masuk angin. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan, menenangkan perut yang kembung, menyembuhkan batuk kering, dan melancarkan pernapasan saat pilek.

4. Mengoleskan Minyak Angin di Perut atau Punggung

Oleskan minyak angin di area tubuh yang terasa atau rentan mengalami dingin, seperti perut atau punggung. Biasanya area tubuh yang terasa dingin, terdapat banyak angin yang menumpuk dan menyebabkan tubuh menjadi sakit. Minyak angin memiliki kandungan menthol crystal, eucalyptus oil, methyl salicylate, camphor, dan essestiol oil, yang ampuh mengatasi masuk angin.

 

 

5. Memakai Masker dan Baju Hangat

Usahakan untuk memakai masker selama melakukan perjalanan. Selain pakai masker, sangat disarankan untuk memakai jaket atau pakaian hangat, nyaman, dan mudah menyerap keringat. Serta, longgarkan celana agar perut jadi senyaman mungkin.

Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa dicoba untuk mencegah masuk angin saat mudik. Semoga perjalanan mudiknya nyaman, ya Sahabat Fimela.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading