Sukses

Info

5 Tips Mudik Lebaran yang Aman dari Epidemiolog, Cegah Risiko Penularan Covid-19

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tinggal menghitung hari lagi. Para pemudik pun sudah mulai bersiap melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Namun, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya, Sahabat Fimela. Sebab status pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir.

Agar terhindar dari risiko penularan Covid-19, Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman memberikan 5 tips mudik lebaran yang aman. Apa saja? Simak penjelasan Epidemiolog berikut ini selengkapnya, Sahabat Fimela!

1. Memahami status masih pandemi Covid-19

Menurut Dicky, masyarakat harus memahami bahwa situasi di Indonesia masih dalam status pandemi Covid-19. Sehingga protokol kesehatan wajib diterapkan.

“Tips untuk perjalanan yang aman dan sehat selama pandmei pertama kali sebetulnya adalah memahami bahwa situasi masih pandemi statusnya,” kata Dicky, dikutip dari Liputan6.com.

Maka dari itu, pemudik harus sudah vaksinasi dosis lengkap, bahkan sudah booster. Pastikan semua orang dalam satu kendaraan atau perjalanan bersama memiliki imunitas yang baik.

2. Perhatikan gejala Covid-19

Selanjutnya, Dicky mengingatkan agar pemudik mewaspadai gejala seperti batuk, pilek, dan demam. Jika ditemukan gejala-gejala seperti ini, pemudik disarankan tidak memaksakan diri untuk bepergian.

“Selain itu, pastikan status di PeduliLindungi kita, kalau perlu ada surat untuk mempermudah perjalanan, sehingga masalah administrasi bisa terpenuhi,” ujarnya.

3. Cek kondisi pemudik dengan komorbid

Pastikan pemudik lansia dengan komorbid seperti diabetes atau hipertensi dalam kondisi yang baik. Pemudik yang sedang hamil juga harus melakukan pemeriksaan dan telah mengunjungi bidan sebelumnya.

4. Pemilihan kendaraan

Dicky melanjutkan, pemilihan kendaraan untuk mudik juga perlu diperhatikan. Pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih terjaga dari risiko penularan Covid-19.

Bila terpaksa memakai transportasi umum, usahakan duduk dengan kondisi jendela yang sedikit terbuka ya, Sahabat Fimela.

5. Protokol kesehatan

Terakhir, pemudik diimbau tetap menerapkan kepatuhan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, termasuk di toilet.

“Jika terpaksa, saat transit cari toilet yang bagus. Cari tempat-tempat yang tidak banyak kerumunan. 5M itu penting,” ujarnya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading