Sukses

Info

Kapan Vaksin Covid-19 Tersedia untuk Balita? Ini Penjelasan Vaksinolog

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara memutus rantai penularan virus Covid-19 adalah dengan menggunakan vaksin. Namun, saat ini vaksin Covid-19 baru tersedia untuk anak usia 6 tahun hingga orang dewasa.

Kemudian, muncul pertanyaan di tengah masyarakat. Kapan vaksin Covid-19 tersedia untuk balita. Dikutip dari Liputan6.com, vaksinolog mengungkapkan jawabannya.

Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD mengungkapkan, saat ini vaksin Covid-19 untuk balita memang belum tersedia di Indonesia. Ia mengatakan, masyarakat harus bersabar menanti vaksin bagi anak usia di bawah 6 tahun. 

Sedang dilakukan uji coba

Walaupun belum tersedia, dr. Dirga mengingatkan orang tua untuk selalu menerapkan protokol  kesehatan bagi anak di bawah 6 tahun. Hal ini menjadi salah satu cara penting mencegah penularan Covid-19. 

"Bagi anak-anak yang belum divaksin, termasuk balita, para orang tua baiknya lebih ketat lagi menjaganya," ucap dr. Dirga.

Selain itu, dr. Dirga menyatakan, kini uji coba vaksin Covid-19 bagi anak di bawah 6 tahun tengah dilakukan oleh sejumlah negara.  Salah satu negara yang melakukan uji coba tersebut adalah Amerika Serikat.

Efektif cegah penyakit

Sebelumnya, vaksin Covid-19 tiga dosis Pfizer-BioNTech bagi anak usia 6 bulan hingga 5 tahun 80% efektif dalam mencegah penyakit selama gelombang Omicron. Hal ini berkaca dari hasil uji klinis awal yang dirilis Senin, 23 Mei 2022.

Dikutip Liputan6.com dari CNBC, dosis ketiga vaksin Covid-19 berdampak pada peningkatan kekebalan tubuh dan toleransi yang baik oleh anak. Tak hanya itu, efek samping yang timbul sebagian besar tergolong ringan hingga sedang. 

Nah, itulah jawaban para ahli terkait pertanyaan kapan vaksin Covid-19 tersedia bagi balita atau anak di bawah 6 tahun. Mohon bersabar dan selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, ya!

 

*Penulis: Ersya Fadhila Damayanti.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading