Sukses

Info

Catat, Fenomena Langka 5 Planet Sejajar Bisa Dilihat Tanpa Teleskop Pada 24 Juni 2022

Fimela.com, Jakarta Tanggal 24 Juni 2022 nanti, bakal ada fenomena langka 5 planet sejajar lho, Sahabat Fimela. Kelima planet yang terdiri dari Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus diprediksi akan menyelaraskan posisinya bulan ini untuk pertama kalinya dalam 18 tahun.

Para peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan, fenomena langka planet sejajar ini bisa disaksikan di Indonesia dengan mata telanjang atau tanpa teleskop. Fenomena ini sendiri sebenarnya sudah mulai terlihat sejak 23 Juni, namun akan semakin terlihat pada 24 Juni 2022.

Dilansir Space, fenomena yang disebut parade planet ini terjadi setiap 18 tahun sekali. Peristiwa ini pernah terjadi tahun 2004 dan tidak akan terjadi lagi hingga 2040, kata ahli. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena langka planet sejajar ini? simak ulasan berikut ini selengkapnya, Sahabat Fimela.

Waktu Tepat untuk Menyaksikan Fenomena 5 Planet Sejajar

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena ini dapat dilihat di seluruh Indonesia selama tempat untuk melihat fenomena planet sejajar bebas dari pohon, bangunan tinggi atau gedung, gunung, polusi cahaya, dan sedang di kondisi cuaca yang cerah.

Para ahli menyebut, waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena langka ini adalah pada Jumat, 24 Juni 2022 sebelum matahari terbit. Pengamatan ini bisa dilakukan sesuai dengan waktu subuh masing-masing wilayah.

“Waktu subuh masing-masih wilayah itu berbeda. Jadi disesuaikan, kurang lebih sekitar set 5 sampai jam set 6,” ujar Andi Pangerang, peneliti di LAPAN, seperti yang dikutip dari situs resminya.

Lebih lanjut, Andi mengatakan jika sebenarnya planet Uranus juga ikut serta dalam fenomena tersebut, hanya saja untuk mengamati Uranus diperlukan bantuan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm.

"Karena kecerlangan Uranus hanya mencapat +5,9, nah ini kalau kondisi langit yang cukup redup tanpa polusi cahaya sebenarnya dapat kelihatan. Di wilayah perkotaan, batas kecerlangan +4,7 butuh alat bantu teleskop, teleskopnya kecil, berukuran 10 cm," ujarnya.

NASA dalam keterangan tertulisnya juga menjelaskan, susunan kemunculan fenomena 5 planet sejajar 24 Juni dimulai dari planet Saturnus (tengah malam), kemudian Jupiter dan Mars (dini hari), lalu Venus (saat fajar), dan terakhir Merkurius (30 atau 40 menit sebelum matahari terbit).

Sementara Live Science menyebut waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena planet sejajar 24 juni 2022 adalah 45 menit sebelum matahari terbit. Ini berlaku di belahan planet bumi manapun.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading