Sukses

Info

Deretan Penyalahgunaan Fasilitas Umum di Citayam Fashion Week, Mulai dari Zebra Cross hingga Jalur Khusus Sepeda

Fimela.com, Jakarta Citayam Fashion Week memang menuai perhatian dari berbagai kalangan. Namun terlalu banyak atensi membuat masyarakat berkerumun di kawasan Dukuh Atas, Sudirman pada Sabtu (23/7/2022) untuk menyaksikan fashion show. Ruas jalan tersebut nyaris lumpuh akibat banyak kendaraan yang parkir sembarangan.

Melihat situasi ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria secara tegas mengingatkan warga untuk tidak menggunakan fasilitas umum sebagai lokasi Citayam Fashion Week.

"Seperti yang sudah disampaikan pihak kepolisian, bahwa kegiatan yang baik ini tidak boleh dilaksanakan di zebra cross, tempat penyeberangan," ujar Riza di Kawasan Dukuh Atas, Sabtu (23/7/2022) malam.

Meski dilarang, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan imbauan dengan cara persuasif. Mengingat banyak orang yang masih terlena dengan euphoria Citayam Fashion Week.

 

Tidak hanya salah gunakan zebra cross

Tidak hanya penyalahgunaan zebra cross, Citayam Fashion Week membuat warga menyalahgunakan jalur khusus sepeda sebagai tempat parkir kendaraan roda dua.

Dinar Perhubungan DKI Jakarta mengaku telah menertibkan sejumlah kendaraan roda dua yang terpakir sembarangan di sepanjangan kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat. Jumlah kendaraan yang terparkir terbilang cukup banyak akibat Citayam Fashion Week.

"Petugas patroli Dinas Perhubungan melakukan tindakan OCP (operasi cabut pentil) kendaraan yang parkir sembarangan serta mengarahkan pengguna kendaraan untuk tidak melakukan parkir atau berhenti di lajur khusus sepeda maupun pedestrian di kawasan tersebut," demikian informasi yang diunggah akun instagram @dalops_dishubdkijakarta yang telah terverifikasi, dikutip pada Senin (25/7/2022).

 

Aksi tegas dari Dinas Perhubungan

Sejumlah petugas Dinas Perhubungan terlihat mencabut pentil dari ban kendaraan roda dua pada pukul 21.48 WIB dalam unggahan tersebut. Kendaraan yang terparkir menempati ruang yang seharusnya digunakan sebagai jalur khusus sepeda Dukuh Atas.

Citayam Fashion Week yang mengundang kerumunan warga juga menjadi perhatian Satgas COVID-19. Anggota Dinar Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP mengingatkan warga bahwa saat ini COVID-19 masih berstatus pandemi.

"Kami mengimbau kepada pengguna kendaraan agar tidak parkir sembarangan supaya tidak mengganggu sesama pengguna jalan lainnya," demikian pesan tertulis.

 

Menjadi virl

Citayam Fashion Week menjadi viral setelah sederet remaja asal Citayam, Bojong Gede, Depok nongkrong di kawasan Dukuh Atas. Gaya berpakaian mereka yang unik menjadi perhatian hingga akhirnya viral di media sosial.

Sayangnya, keramaian yang ditimbulkan dari aksi ini menimbulkan tumpukan sampah dan para pedagang yang melintas. Bahkan sejumlah remaja tertidur di fasilitas umum karena tertinggal kereta terakhir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading