Sukses

Info

Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal dalam Bekerja, Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Mencapai kesuksesan di dunia kerja merupakan salah satu hal yang tergolong sulit bagi hampir setiap individu. Memiliki kecerdasan otak dan energi yang lebih tidaklah cukup untuk mencapai kesukesan tersebut. Terdapat dua aspek penting yang harus dimiliki setiap individu demi tercapainya mimpi untuk dapat sukses di dunia kerja, hal tersebut adalah kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal.

Kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal merupakan dua skill penting yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja. Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan yang memilki efek dan manfaat untuk diri sendiri, sedangkan kecerdasan interpersonal dapat berpengaruh pada orang disekiar.

Memiliki kedua kelebihan ini akan sangat dapat membantu seseorang untuk memiliki karier yang cemerlang di hidupnya. Meskipun begitu, masih banyak yang belum paham mengenai kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal serta manfaatnya. Maka dari itu, simak penjelasan mengenai kecerdasan intrapersonal dan interpersonal yang dilansir dari kemenkeu.go.id.

Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Komponen inti dari kecerdasan intrapersonal dalam kemampuan memahami diri yang akurat meliputi kekuatan dan keterbatasan diri, kecerdasan akan suasana hati, motivasi, temperamen dan keinginan, kemampuan berdisiplin diri, serta kemampuan memahami dan menghargai diri. 

Kemampuan menghargai diri dalam kecerdsasan intrapersonal berarti mengenali jati diri sendiri, mengetahui kemampuan yang dapat dilakukan, paham akan reaksi diri dalam menyikapi situasi tertentu, serta mampu untuk mengarahkan dan mengintrospeksi diri sendiri. Terdapat tiga alasan mendasar mengapa kecerdasan intrapersonal penting untuk dimiliki setiap individu, diantaranya:

1. Membangun jiwa sosial.

2. Membantu keberhasilan kerja.

3. Mencerdaskan emosi dan fisik.

Karena kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi dalam diri, menjadikan kecerdasan intrapersonal salah satu aspek penting seseorang untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan terutama dalam dunia kerja. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Memiliki emosi yang stabil.

Memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi dapat membantu individu untuk menyeimbangkan antara kekuatan diri dan harapan yang akan dicapai. Hal ini juga membuat seseorang lebih berhati-hati dalam mengambil suatu keputusan yang akan berpengaruh dalam pekerjaannya.

2. Dapat meningkatkan motivasi diri.

Memiliki motivasi diri yang tinggi juga merupakan salah satu alasan seseorang untuk mengendalikan emosinya. Dengan motivasi, seseorang akan lebih sadar dan menggunakan akalnya sehatnya sebelum bertindak untuk meghadapi situasi tertentu karena hal ini akan berpengaruh pada suatu hal yang ingin dicapainya.

3. Menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Kecerdasan intrapersonal dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab karena tiap inidividu akan menjadi lebih paham tentang dirinya sendiri, apa yang mereka butuhkan, dan apa yang ingin dicapai. Hal ini akan membuat individu tersebut berhati-hati dalam setiap tindakan yang akan dilakukan karena kesadaran akan tanggung jawab yang diembannya.

4. Mengembangkan harga diri.

Harga diri yang dimaksud adalah kesadaran akan diri tentang seberapa jauh seseorang bisa dicintai, dihargai, dan dihormati orang lain.

Kecerdasan Interpersonal

Jika kecerdasan intrapersonal dibutuhkan untuk mengenali, memotivasi, dan mengendalikan diri agar dapat bekerja dengan memaksimalkan kemampuan bekerja yang terbaik, maka kecerdasan interpersonal juga penting dimiliki tiap individu demi menyeimbangkan kecerdasan intrapersonal yang sudah dimilikinya. Kecerdasan interpersonal tersebut meliputi kemampuan berkomunikasi, memotivasi, memimpin, dan bernegosiasi. 

Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu aspek yang wajib dimiliki oleh seseorang yang suka dalam hal kepemimpinan. Bagi seorang manajer atau seseorang yang memiliki jabatan penting, kecerdasan interpersonal haruslah ditanamkan di dalam diri mereka karena hal ini dapat mempengaruh kinerja para anggota pekerjanya. Memiliki kecerdasan interpersonal juga dapat membantu seseorang untuk sukses dalam memimpin suatu organisasi atau kelompoknya.

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading