Sukses

Info

Meta Hadirkan Berbagai Fitur Baru di Facebook dan Instagram dalam Acara Creator Week 2022

Fimela.com, Jakarta Berkomitmen untuk mendukung kreator, menjangkau audiens yang lebih luas, membangun komunitas, dan mengubah passion menjadi sumber penghasilan, Meta mengundang kreator dari seluruh Asia-Pasifik untuk bergabung di Creator Week 2022 yang diselenggarakan di Bali. Kegiatan ini merupakan rangkaian program-program inspirasional untuk membantu para kreator mengembangkan karir, terhubung dengan rekan kerja, dan membangun masa depan bersama.

Selain menghadirkan berbagai program bermanfaat, Meta juga mengumumkan cara baru bagi kreator untuk menghasilkan uang di Facebook dan Instagram. Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, Revie Sylviana mengatakan bahwa Creator Week 2022 merupakan ajang selebrasi bagi para kreator di seluruh Asia Pasifik. Kegiatan ini merupakan sebuah inspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten online kreatif.

"Perayaan ini merupakan bentuk komitmen Meta dalam mendukung perjalanan para kreator dalam membangun eksistensi dan kesuksesannya di ranah digital. Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta," kata Revie.

Pembaruan Reels Facebook dan Instagram

Di kuartal ketiga tahun 2022, Meta mengumumkan terdapat lebih dari 140 miliar konten Reels yang diputar setiap hari di Facebook dan Instagram. Sementara itu, pendapatan tahunan Reels dari kedua aplikasi tersebut juga meningkat sebesar 3 miliar USD. Hal ini semakin membuktikan mengapa Reels menjadi salah satu elemen kunci bagi Meta. Berikut beberapa pembaruan yang dilakukan pada Reels di Facebook dan Instagram.

Pembaruan pada Instagram Reels

Pembaruan Reels Instagram yang dilakukan Meta bertujuan untuk memudahkan kreator dalam mengekspresikan diri mereka melalui video di Instagram tanpa mengubah cara mereka bekerja. Sekarang, para kreator bisa membagikan video ke Instagram reels langsung dari aplikasi favorit mereka seperti Videoleap, Smule, VivaVideo, dan aplikasi lainnya. Selain berbagi ke Instagram, aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat membantu para kreator untuk langsung membagikan video mereka ke Facebook.

 

Pembaruan pada Facebook Reels

Meta menghadirkan beberapa fitur baru di Facebook Reels yang dapat membantu para konten kreator untuk memiliki lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan para fans. Fitur baru tersebut di antaranya adalah:

1. Facebook Reels Collabs, memungkinkan kreator untuk berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama sambal memperluas jangkauan dan memperbesar jumlah pengikut.

2. Facebook Reels Explore, merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending sehingga dapat memberikan inspirasi kepada para kreator mengenai apa yang sedang populer sehingga dapat menarik audiens baru.

3. Facebook Reactions di Reels, fitur ini memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten dari kreator favorit mereka.

Selain itu, Meta juga merilis beragam fitur desktop untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kreator dalam mengoptimasi konten mereka di Creator Studio dan Meta Business Suite yang dapat membuat Reels menjadi lebih menarik.

Meta juga telah meluncurkan Branded Content di Facebook Reels secara global yang menawarkan sebuah cara baru bagi kreator dalam memaksimalkan penghasilan mereka. Melalui fitur ini, kreator akan mendapatkan askes terhadap fitur tag Branded Content di Facebook Reels untuk postingan organik, dan brand-brand yang di-tag dapat mengubah reels tersebut menjadi sebuah iklan Branded Content.

Fitur Antibullying di Instagram

Selain di reels, Meta juga menghadirkan fitur antibullying untuk melindungi kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan, fitur ini terdiri dari:

- Pembaruan pada Multi-Blokir: Sekarang kreator tidak hanya bisa memblokir akun-akun yang sudah ada, tetapi juga bisa memblokir akun-akun yang akan dibuat oleh pihak terblokir ke depannya.

- Pengingat kebaikan: Notifikasi akan muncul di DM Instagram untuk mengingatkan dan mendorong pengguna menyampaikan pesan dengan baik ke kreator.

- Pengingat untuk membalas komentar: Pengingat bagi pengguna untuk berinteraksi secara positif di dalam utas komentar yang memanas. Nantinya akan ada pengingat yang muncul saat pengguna mengetuk untuk membalas komentar yang berpotensi menyinggung.

- Pembaruan pada Hidden Words: Untuk memproteksi kreator dan figur publik dari kata-kata negatif dan ofensif, Instagram telah melakukan peningkatan salah satunya pesan ofensif yang dikirim melalui balasan Stories akan terfilter dan masuk ke folder Hidden Requests di DM. Selain itu, Instagram juga memperluas daftar kata untuk Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

- Pengaturan Default untuk akun kreator: Instagram mengatur Hidden Words untuk kolom komentar dan DM sebagai default akun kreator.

Mode Profesional di Profil Facebook

Meta menghadirkan mode Profesional baru untuk Profil Facebook yang dapat memberikan eksistensi bagi kreator di seluruh dunia sambil menjaga pengalaman personal mereka di platform. Profesional Mode menawarkan berbagai alat dan fitur yang dirancang untuk siapa saja yang ingin memulai perjalanan mereka sebagai konten kreator dan membangun basis penggemar.

Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang melalui ekspansi Stars, iklan in-stream, dan Reels Play. Mereka juga dapat mengakses analitik, materi-materi edukasi, dan berbagai fitur lainnya.

Dengan peluncuran fitur baru dalam penyelenggaraan acara Creator Week 2022 Meta berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan kreator untuk membantu mereka menumbuhkan audiens dan mengubah minat mereka menjadi sbeuah profesi, serta membawa bermacam-macam kreator dari seluruh teknologi Meta ke permukaan. Ikuti @creators di Instagram dan Meta for Creators di Facebook untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana Meta memberdayakan dan berinvestasi di masa depan kreator!

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

What's On Fimela
Loading