Sukses

Info

Tips Menghilangkan Mabuk Perjalanan saat Mudik

Fimela.com, Jakarta Di bulan ramadan ini masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman masing-masing. Tradisi mudik ini adalah salah satu momen yang selalu dinantikan tiap tahunnya.

Walaupun mudik mengasyikan, namun ada saja hal yang menganggu saat perjalanan, yaitu perasaan mual atau mabuk perjalanan. Kondisi ini kerap disbeut sebagai motion sickness. Kondisi ini biasa terjadi pada anak kecil, bahkan banyak orang dewasa juga merasakan kondisi ini.

Reaksi dari mabuk perjalanan itu beragam, biasanya dengan rasa lemas dan gelisah hingga mual dan muntah. Sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya, namun dapat menghambat aktivitas perjalanan. 

Nah, agar mudik berjalan lancar tanpa ada rasa mabuk atau mual, inilah beberapa tips menghilangkan mabuk perjalanan saat mudik. Simak selengkapnya berikut ini.

Jangan Makan Makanan Berat

Sebelum melakukan perjalanan jauh, usahakan mengindari untuk konsumsi makanan berat. Jika memang diharuskan, kamu bisa mengurangi sedikit porsi dari biasanya. Jika perut kamu penuh lalu ditambah goncangan kendaraan saat perjalanan, perutmu akan terasa terkocok dan akan membuat mual. 

Mengatur Posisi Duduk

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu harus mengatur posisi duduk. Jika kamu duduk di tempat yang berlawanan dengan arah jalannya kendaraan, kamu akan merasa mual dan pusing. Oleh karena itu, pilihlah posisi duduk yang searah dengan kendaraan berjalan. Hal ini akan membantu mengurangi rasa mabuk saat perjalanan.

Jangan Main Handphone

Ketika kamu bermain handphone saat di kendaraan, besar kemungkinan kamu akan merasa mual atau pusing. Hal ini disebabkan karena tidak selarasnya antara telinga dan mata. Tidak hanya itu, radiasi yang timbul saat terjadi guncangan juga akan memunculkan rasa pusing.

Konsumsi Obat Anti Mabuk atau Permen

Sebelum perjalanan dimulai, lakukan hal preventif seperti mengonsumsi obat anti mabuk. Ada berbagai jenis obat mabuk, ada yang berbentuk pil ataupun sirup. Lebih baik jika mengonsumsinya 1 jam sebelum perjalanan. Selain obat, kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti permen yang memiliki rasa mint. Dengan mengonsumsi kedua ini akan membantu meringankan gejala mual.

Menyediakan Aroma Terapi

Aroma hangat dari aroma terapi atau minyak wangi dapat mengurangi risiko mabuk perjalanan. Aromanya yang menenangkan juga dapat merilekskan tubuh dan pikiran. Cairan yang mengandung bahan-bahan herbal ini ampuh untuk mengobati rasa mual jika kamu tidak ingin minum obat. Kamu bisa mengoleskannya ke area perut atau pelipis. 

Itulah beberapa cara agar terhindari dari rasa mual atau mabuk sat perjalanan. Selamat menikmati perjalanan mudikmu, dan tetaplah berhati-hati.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading