Sukses

Info

Lisensi Miss Universe Indonesia dan Malaysia Resmi Dicabut dari Tangan Poppy Capella, Begini Nasib Para Finalis dan Pemenang

Fimela.com, Jakarta Dugaan kasus pelecehan seksual dalam penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023 tidak hanya menyita perhatian media dan masyarakat Indonesia. Sederet media internasional pun turut menyoroti kasus ini yang dinilai mencemar nama baik gelaran ajang kecantikan.

Hingga kini, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia, Poppy Capella, belum mampu menyelesaikan kasus yang sudah masuk ke ranah hukum.

Terkait dugaan kasus pelecehan seksual ini, Miss Universe Organization memberikan putusan untuk mencabut lisensi Miss Universe Indonesia yang yang dipegang oleh PT Capella Swastika Karya yang dimiliki oleh Poppy Capella.

"Miss Universe Organization telah memutuskan untuk untuk mengakhiri hubungan dengan waralaba saat ini di Indonesia, PT Capella Swastika dan Direktur Nasionalnya, Poppy Capella," tulis Miss Universe Organization melalui Instagram resminya.

"Mengingat apa yang telah kami pelajari terjadi di Miss Universe Indonesia, menjadi jelas bahwa waralaba ini tidak memenuhi standar merek, etika, atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan waralaba dan kode etik kami," tambah Miss Universe Organization.

 

Lisensi Miss Universe Indonesia dicabut

Dalam pernyataannya, Miss Universe Organization mengenaskan untuk menyediakan tempat yang aman bagi perempuan. Menurutnya, apa yang terjadi dalam penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023 sangat bertentangan dengan yang diperjuangkan sebagai sebuah organisasi.

Tak hanya Miss Universe Indonesia, Poppy Capella beserta jajarannya juga kehilangan lisensi Miss Universe Malaysia 2023. Di mana pihaknya tidak akan mendapatkan kontrak tambahan dengan membatalkan penyelenggaraan Miss Universe Malaysia 2023. Sementara itu, Organisasi Miss Universe akan membuat penyesuaian baru untuk Indonesia apakah bisa tetap berlaga di ajang Miss Universe atau tidak.

 

Apresiasi keberanian finalis

"Kami ingin memperjelas bahwa tidak ada pengukuran seperti tinggi, berat, atau dimensi tubuh yang diperlukan untuk mengikuti kontes Miss Universe di seluruh dunia," tambah Organisasi Miss Universe.

Organisasi Miss Universe menyatakan penyesalannya atas pengalaman tidak menyenangkan yang dialami perempuan Indonesia yang mengikuti ajang Miss Universe Indonesia 2023. Pihaknya pun turut mengapresiasi keberanian para finalis yang berani berbicara sehingga bisa lebih baik ke depannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading