Sukses

Info

Merayakan HUT RI Ke-78: Google Luncurkan 3 Keberagaman

Fimela.com, Jakarta Menjelang hari kemerdekaan, Terdapat banyak sekali keluaran terbaru dari berbagai macam brand fashion dan brand teknologi. Entah itu dari pakaian, promosi, dan seni. Tidak ingin ketinggalan Google juga ikut serta dalam meluncurkan ilustrasi doodle yang terinspirasi dari Indonesia.

Secara umum doodle adalah sebuah karya seni lukis yang dibuat oleh seseorang tanpa adanya perencanaan. Intinya gambar doodle ini dibuat karena pelukis tidak sadar, bahkan tidak ada teknik seni lukis yang digunakan. Biasanya Karakter yang ada dalam gambaran doodle adalah sesuai dengan Imajinasi si pelukis.

Dikarenakan Indonesia adalah sebuah negara yang beragam mulai dari suku, budaya, dan lain-lain. Google bersama dengan Diela Maharani Merupakan seniman yang terkenal akan warna-warni dan Imajinasi mengeluarkan gambar doodle yang terinspirasi Dari keberagaman Indonesia. 

“Sebuah kebanggaan tentunya menjadi ilustrator yang mendapat kesempatan pada perayaan hari kemerdekaan tahun ini. Doodle ini saya buat untuk dapat menginspirasi orang Indonesia untuk terus membawa semangat Bhinneka Tunggal Ika, kekuatan kita. Dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling belajar dan bertukar ide. Kita dapat membangun bangsa yang lebih kuat dan lebih indah,” ujar Diela Maharani.

 

 

Software peningkat imajinasi

Kita semua tahu saat merayakan hari kemerdekaan pasti ada yang namanya upacara bendera. Untuk membantu orang-orang untuk mempermudah pekerjaan mereka khususnya saat membuat kata sambutan atau pidato, Google mengeluarkan software bernama Bard.

Data pencarian khususnya pada kata upacara adanya peningkatan 130% selama periode satu tahun terakhir khususnya di Indonesia. Selain itu kata kunci sambutan (pidato sambutan) Juga mengalami peningkatan sebesar 130%. Selain itu ada beberapa kopi yang menjadi sangat populer selama satu tahun terakhir di Indonesia seperti contoh laporan kegiatan HUT RI di sekolah, contoh kegiatan HUT RI, rundown kegiatan malam HUT RI, dan lain-lain.

Melihat tingkat populer khususnya dalam contoh laporan acara kegiatan HUT RI, Google memperkenalkan Bard dengan tujuan membantu orang-orang dalam menyusun laporan, salah satunya adalah laporan 17 an. Aplikasi atau software Bard, sistem kerja yang serupa dengan Chat GPT. Akan tetapi yang membuat Bard Berbeda dengan Chat GPT kualitas data. 

Bard ini diciptakan Untuk membantu pengguna menjelajahi keingintahuan, mengembangkan Imajinasi dan akhirnya mewujudkan ide pengguna. Di mana software ini akan membantu pengguna untuk membuat bab berbagai macam pertanyaan, daftar kegiatan, dan lain lain. Intinya software ini dibuat untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat ide dan membangkitkan rasa ingin tahu.

 

 

Aplikasi Karya Anak Bangsa

Per 17 Agustus 2023, Google menyatakan ada lebih dari 2,5 miliar orang dari 190 negara yang menggunakan aplikasi Google play setiap bulannya untuk mengunduh aplikasi, game, dan lain-lain. Bukan hanya itu tak dapat 2 juta developer di seluruh dunia yang bekerjasama dengan Google untuk membangun bisnis mereka. Beberapa diantaranya adalah dari Indonesia.

Melihat banyak developer dan pengguna aplikasi Google play, Google membantu memperkenalkan aplikasi karya anak bangsa berjudul KaryaKarsa. Aplikasi ini menyajikan berbagai macam tulisan, komik, ilustrasi, animasi, audio, dan video. CEO KaryaKarsa meluncurkan aplikasi ini dengan tujuan membantu para kreator seni untuk meraih penghasilan dari karya mereka. 

“Kami percaya ada kesenjangan antara bakat, karya kreatif, dan karya populer yang bisa dimonetisasi. Dengan membantu para kreator memonetisasi karya mereka dari skala terkecil, kami ingin memperkaya industri kreatif lokal dan komunitasnya melalui validasi IP (hak milik intelektual) secara komersial. Untuk itu kami mendaftarkan aplikasi kami di Android, dengan banyaknya pengguna Android di Indonesia bahkan dunia kami harap dapat merangkul lebih banyak konsumen memasuki ekonomi digital.” ujar Ario Tamat, CEO KaryaKarsa. 

Demi merayakan hari kemerdekaan yang bermakna untuk Indonesia Google mengeluarkan tiga hal ini untuk membantu Indonesia dalam menyebarkan keberagamannya agar Indonesia bisa tetap maju.

“Perayaan hari kemerdekaan kerap menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat Indonesia dan dirayakan dengan berbagai cara yang seru. Sesuai dengan tema nasional tahun ini “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Google selalu hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan tugas, menghemat waktu, meningkatkan produktivitas dan menjalani keseharian mereka dengan lancar,” ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading