Sukses

Lifestyle

Kenali Tradisi Unik Perayaan Hari Waisak di Beberapa Negara

Bintang.com, Jakarta Hari ini (2/6), umat Buddha merayakan hari raya Waisak. Nggak hanya di Indonesia yang merayakan Waisak dengan tradisi, di beberapa negara juga merayakannya dengan tradisi yang berbeda-beda. Seperti yang terjadi di beberapa negara lainnya. Berikut ulasannya~

Korea Selatan

Di Korea Selatan, umat buddha merayakan hari Waisak dengan menyalakan lentera-lentera berbentuk bunga teratai yang menghiasi candi-candi di sana. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang nilai-nilai Buddha.

Korea Selatan (Via: buddhism.about.com)

Sri Lanka

Nggak jauh beda sama di Korea Selatan, umat Buddha di Sri Lanka juga merayaka hari Waisak dengan membuat lentera yang menyerupai lampu-lampu listrik yang berwarna-warni.

Sri Lanka (Via: youtube.com)

Taiwan

Di Taiwan, umat Buddha merayakannya dengan menuangkan air wangi ke patung Buddha untuk melambangkan tanda kehidupan yang baru.

Taiwan (Via: swide.com)

Singapura

Di Singapura, umat Buddha merayakan Waisak dengan melepas burung dari sangkarnya pada hari kelahiran Buddha.

Singapura (Via: placematch.sg)

Indonesia

Waisak di Indonesia dirayakan di Komplek Candi Borobudur, Jawa Tengah dengan melepas lentera atau lampion ke udara. Tradisi menerbangkan lampion ke udara nggak hanya bisa dilakukan oleh umat Buddha saja, tapi pengunjung biasa Candi Borobudur pun bisa ikut menerbangkan.

Indonesia (Via: yuntong.co)

Itu lah perayaan hari raya Waisak di beberapa negara di dunia~

Loading