Sukses

Lifestyle

Pulang Kampung Pakai Mobil? Ikuti Tips Mudik Berikut Biar Aman

Fimela.com, Jakarta Bagi kalian yang ingin mudik menggunakan mobil pribadi, ada baiknya jika kalian mempersiapkan segala keperluan dengan matang. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

Nah, kali ini Bintang.com akan memberikan beberapa tips aman dan nyaman sebelum kamu berkendara menggunakan mobil saat mudik lebaran nanti. Ingin tahu seperti apa tipsnya? Lihat saja rangkuman di bawah ini. Yuk, mari~

1. Mobil

Tips mudik lebaran |via: setiajaya.co.id

Sehari sebelum kamu mudik sebaiknya mobil yang akan digunakan diservis terlebih dahulu.

2. Fisik

Tips mudik lebaran |via: merryzhou.wordpress.com

Istirahat yang cukup sebelum berangkat. Sebaiknya kamu tidak langsung melakukan perjalanan mudik setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi kamu juga lelah.

3. Pengetahuan

Tips mudik lebaran |via: newsucluzd.hol.es

Perluas pengetahuan kamu tentang rencana mudik yang akan dilaksanakan, meliputi kondisi rute, dan informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik.

4. Pelindung Diri

Tips mudik lebaran |via: mobiloka.com

Gunakan pelindung diri yang sudah tersedia di dalam mobil seperti sabuk pengaman. Agar keselamatan kamu terjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan.

5. Perlengkapan Tambahan

Tips mudik lebaran |via: carmudi.co.id

Bawalah beberapa perlengkapan tambahan dalam perjalanan meliputi, ban serep, peralatan perbaikan (tool kit), dongkrak, segitiga pengaman, dan peralatan lainnya. Untuk mengantisipasi jika seandainya ada masalah pada mobil saat dalam perjalanan.

6. Surat Kendaraan

Tips mudik lebaran |via: usedcar.autobild.co.id

Lengkapi dokumen-dokumen kendaraan yang diperlukan waktu mudik seperti SIM dan STNK. BPKB gak usah dibawa, nanti malah hilang. Mending titipkan saja BPKBnya ke pegadaian. Lumayan bisa nambah-nambahin uang buat mudik. KTP juga gak boleh ketinggalan, lho.

7. Muatan

Tips mudik lebaran |via: cdnku01.autobild.co.id

Bawalah barang-barang yang seperlunya saja, tidak melebihi muatan dan tidak menyalahi peruntukannya. Jika bawaan barang terlalu banyak sebaiknya kirim melalui jasa kurir. Jadi urungkan niat untuk bawa kulkasmu, ya.

8. Taat Aturan

Tips mudik lebaran |via: solusimobil.com

Disiplin dalam berkandara dan patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada. Semua itu demi keselamatan dan kebaikan kita bersama.

9. Istirahat

Tips mudik lebaran |via: otomotif.kompas.com

Jika kondisi tubuh sudah mulai merasa lelah, sebaiknya manfaatkan posko-posko yang telah disediakan untuk beristirahat.  

10. Kecepatan

Tips mudik lebaran | via: m.autobild.co.id

Kendalikan kecepatan kendaraan sepeda motor kamu disaat kondisi jalan rusak atau bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

11. Cek Ulang Mobil

Tips mudik lebaran |via: checking car

Cek ulang keadaan mobil yang akan kamu gunkan sebelum berangkat mudik, mulai dari tekanan angin, air radiator, rem, lampu depan, lampu sein, dan lampu rem. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.

12. Cek Ulang Perlengkapan

(Liputan6 TV)

Pastikan semua perlengkapan yang kamu butuhkan telah lengkap dan terpenuhi.

Tips mudik aman terakhir ialah berdoa, jadi sebelum kamu melakukan perjalanan sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Selamat berkendara dan semoga sampai tujuan dengan selamat. Aamiin~

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading