Sukses

Lifestyle

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses

Fimela.com, Jakarta Pebisnis muda, jangan takut untuk memulai sesuatu. Asal ada ide, kamu bisa mengeksekusinya menjadi sebuah tindakan. Tapi sekedar tindakan belum tentu bisa bikin bisnis kamu berkembang. Kamu perlu memahami pondasi sebelum membangun bisnis. Bintang.com kali ini bakal kasih kamu bocoran 9 pondasi yang mungkin belum kamu ketahui. 

 

# Customer Segment

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: youtube.com

Pelanggan adalah jantung dari bisnis kamu, lho! Tanpa pelanggan, bisnis kamu enggak bakal jalan. Jadi, hal pertama yang harus kamu pikirkan dan rumuskan dalam merencanakan bisnis adalah, siapa pelangganmu? Apakah pasar dengan kebutuhan dan masalah yang sama, atau pasar yang spesifik, atau pasar yang lebih sempit di mana kebutuhan dan masalah berbeda-beda?

# Value Proposition

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: indruc.com

Setelah kamu mengetahui siapa pelangganmu, kamu sekarang harus memikirkan produk apa yang ingin kamu jual. Produk ini harus cocok dengan apa yang pasar inginkan dan butuhkan. 

# Channels

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: youtube.com

Setalah tahu produk apa, kamu pikirkan bagaimana caranya produk sampai ke pelanggan. Pikirkan metode yang paling efisien dan, tentu saja, yang paling murah. 

# Customer Relationship

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: seizethemarket.com

Hubungan antara pelanggan denganmu enggak boleh kamu abaikan. Kamu harus pikirkan bagaimana caranya mereka dekat denganmu. Kalau perlu ikat mereka dengan membership, atau buat club para pelanggan. Ini bukan hanya sekedar memeriahkan bisnis yang sedang berjalan, tapi juga untuk mendapatkan pelanggan yang setia. 

# Revenue Stream

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: entrepreneurial-insights.com

Nah, setelah keempat pondasi di atas beres, kamu harus pikirkan bagaimana caranya mendapatkan masukan. Termasuk bagaimana cara pelanggan membayar produk yang mereka beli. Pokoknya, semuanya pasti kembali lagi ke pelangganmu. Pilih cara yang paling nyaman buat mereka dan kamu juga. Termasuk harga yang paling cocok!

# Key Resources

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: youtube.com

Dari mana bahan-bahan untuk membuat produkmu? Alat-alat yang diperlukan dalam memproduksi dan juga para pekerjanya enggak kalah penting dari pondasi sebelumnya. Nah, bahan-bahan dan alat produksi ini bisa kamu dapatkan dari partner bisnis kamu atau juga bisa kamu dapatkan sendiri dari sumber utamanya.

# Key Activites 

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: youtube.com

Apa saja kegiatan yang dimiliki perusahaanmu? Produksi barang, misalnya. Selain itu key activities ini juga membantu kamu dalam mendeskripsikan apa yang akan kamu lakukan untuk memelihara hubungan dengan pelanggan. 

# Key Partenerships

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: steveblank

Enggak ada bisnis yang enggak butuh partner. Bahkan, kalau kamu mendirikan bisnis sendiri pun juga perlu partner. Pemasok barang mentah untuk produk yang kamu jual juga termasuk partner. 

# Cost Structure

Ketahui 9 Pondasi Bisnis Agar Menjadi Pengusaha Sukses | via: business-innova.com

Setelah semuanya terumuskan, kamu sekarang bisa menentukan seluruh biaya yang kamu butuhkan dalam menjalankan bisnismu. Kamu juga bisa langsung menentukan keuntungan yang ingin kamu dapatkan. 

 

Nah, memalui 9 pondasi di atas, kamu bisa merencanakan bisnis kamu sampai hal yang terkecil. Jangan mengabaikan perintilan-perintilannya, lho! Karena setiap hal terkecil bakal mempengaruhi jalannya bisnis kamu di mana depan. 

 

Baca juga: Begini Caranya Berbisnis dengan Modal Minim, Ala Bob Sadino

;
Loading