Sukses

Lifestyle

5 Tempat di Indonesia dengan Balutan Kisah Romantis Nan Tragis

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu adalah satu dari sekian banyak yang masih percaya akan adanya mitos. Seakan tak pandang bulu, mitos pun kerap erat dengan berbagai destinasi yang keelokannya membuat para pelancong ingin kembali lagi dan lagi. Entah darimana bermulanya, namun mitos ini seakan sudah jadi warna lain akan satu perjalanan.

Indonesia pun punya berbagai tempat dengan balutan mitos berkenaan dengan kisah romantis sekaligus tragis. Bukan sedekar tempat biasa, namun spot ini kerap dijadikan destinasi wisata bagi turis domestik maupun mancanegara. Hendak tersesat diberbagai tempat dengan kisah romantis nan tragis yang? Datang saja ke tempat-tempat berikut.

Pulau Kemaro, Palembang. Pulau tak berpenghuni ini menyimpan legenda tentang pangeran negeri Tiongkok, Tan Bun Ann, yang ingin mempersunting seorang putri asal Palembang, Siti Fatimah. Lamaran tersebut diterima dengan syarat Tan mengirimkan sembilan guci berisi emas. Murka Tan memuncak ketika ia mendapati kalau guci yang diseberangkan itu hanya berupa asinan sawi. Satu per satu, guci itu dilemparkan ke sungai.

Sebelum terlempar, guci terakhir pecah dan emas pun berserakan. Asinan sawi ternyata berfungsi untuk mengelabui bajak laut. Menyadari kebodohannya, Tan pun segera mencari sisa emas dengan terjun ke sungai, namun tak lagi muncul ke permukaan. Mendengar kabar tersebut, Siti Fatimah pun ikut terjun ke sungai. Kemunculan Kemaro ini dipercaya sebagai simbol cinta sejati mereka. Kabarnya bagi pasangan yang berlayar ke pulau itu hanya akan bisa dipisahkan oleh maut.

 

A photo posted by Ferri Apriyandi (@ferriapriyandi) on

Tanjakan Cinta, Gunung Semeru. Ketika menuju Oro-oro Ombo, kamu akan dapati tanjakan yang tak hanya indah karena terkukung savana, namun juga menyimpan cerita kelam. Alkisah ada seorang laki-laki yang berjalan mendahuli perempuannya. Asyik sendiri, laki-laki itu tak sadar kalau sang perempuan keletihan hingga jatuh terguling dan meninggal di tempat itu. Mitosnya, para pendaki yang melewati jalur ini sambil memikirkan orang paling dikasihinya tanpa menoleh ke belakang maka hubungannya akan langgeng.

Air Terjun Coban Rondo, Jawa Timur. Destinasi cantik yang ada di Malang ini ternyata menyimpan mitos yang diyakini tak hanya oleh warga lokal namun juga sebagaian besar pengunjung. Konon, ada pasangan suami istri yang memperjuangkan kisah cinta mereka di air terjun tersebut. Bukan bahagia, keduanya malah menjemput ajal dengan cara tragis. Jadi, bagi siapapun yang datang ke tempat ini bersama pasangan, dipercaya hubungannya tak akan bertahan lama.

 

A photo posted by Cahya Wahyu Pratama (@cahya_wahyu) on

Situ Patenggang, Jawa Barat. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaann laut, danau ini tak hanya tersohor akan eksotisme panorama dan sejuk udaranya, namun juga mitos yang mengiringi. Konon, pasangan yang datang ke sini dipercaya akan punya hubungan langgeng, terlebih bagi mereka yang menjejakkan kaki di pulau Asmara dan menuliskan namanya di Batu Cinta. Dua ikon tersebut dipercaya sebagai tempat di mana Ki Santang dan Dewi Rengganis menjalin kisah cinta dengan menelilingi danau besar yang dipercaya sebagai simbol keabadian kasih sayang mereka.

 

A photo posted by nur cahyo (@scahyo920) on

Candi Prambanan, Yogyakarta. Konon, pasangan yang datang ke sini hubungannya akan berakhir. Mitos tersebut terkait dengan kisah Bandung Bondowoso yang pinangannya diterima oleh Roro Jonggrang dengan syarat kalau ia harus membangun 1.000 candi sebelum fajar. Karena tak menyangka kalau Bandung Bondowoso sanggup mengerjakannya, maka Roro Jonggrang menyuruh dayang-dayangnya menambuh lumbung seakan pagi sudah menyingsing. Mencium kecurangan itu, Bandng Bondowoso pun mengutuk Roro Jonggrang jadi candi ke-1.000.

 

A photo posted by wahyudibass (@wahyudibass) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading