Sukses

Lifestyle

Video Komparasi Pidato Melania Trump dan Michelle Obama, Plagiat?

Bintang.com, Jakarta Pidato pembuka Melania Trump di Konvensi Partai Republik, Senin (18/7) malam waktu setempat, dinobatkan sebagai kesuksesan hingga kritik memberondong. Sebagaimana diwartakan Daily Mail, berbagai pihak kerap menyoroti sejumlah penggalan kata yang dinilai persis dengan ucapan first lady, Michelle Obama, pada kampanye 2008 silam.

Setelah kemiripan tersebut ditunjukkan, pihak yang menangani kampanye Trump mengaku terinspirasi oleh kata-kata first lady di mana ada penambahan penggalan yang merefleksikan pemikiran Melania. Sesaat setelah kepingan pidato itu jadi headline berita pada Selasa (19/7) pagi, ketua kampanye Trump, Paul Manafort, menolak adanya unsur kesengajaan dalam kemiripan pidato yang dilakukan Michelle 8 tahun silam.

Istri Calon Presiden AS Donald Trump, Melania Trump berpidato di Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland, Ohio, AS 18 Juli 2016. (REUTERS / Mike Segar)

Bukan membicarakan pidato yang disebut plagiat tersebut, Paul malah fokus kepada Hillary Clinton. "Tak ada yang menjiplak pidato Michelle Obama," jelasnya kepada CNN. "Itu merupakan kata-kata umum. Maksudku, ia (Melania) berbicara di depan 35 juta orang. Untuk berpikir meniru pidato Michelle itu gila. Ini, sekali lagi, sebagai contoh ketika seorang perempuan mengancam Hillary Clinton, maka ia dengan mudah menjatuhkan orang tersebut, " sambung Paul, sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

Selanjutnya, Paul lebih menyangkal ketika diwawancara CBS. Dalam pernyataannya Paul mengatakan, tak ada sebegitu banyak kesamaan di antara kedua pidato tersebut. "Hanya terdapat beberapa fase," ucapnya, sebagaimana dimuat Vox. "Pada dasarnya, terdapat tiga frase dalam pidato, dan di sana terdapat penggalan kata-kata," tegasnya.

Meski demikian sejak kemarin, Selasa (19/7), publik, terutama masyarakat dunia maya, ramai membicarakan kemiripan pidato Melania Trump dengan Michelle Obama. Berikut video kompilasi pidato yang dilakukan keduanya.

;
Loading