Sukses

Lifestyle

Kaget Lihat Harga BBM Terbaru, Ini 4 Cara Tak Kehabisan Uang

Fimela.com, Jakarta Harga BBM terbaru tahun 2017 baru saja diberlakukan pada Kamis (5/1). Dilansir dari Liputan6, harga baru ini berlaku mulai dari pukul 00.00 WIB kemarin. BBM umum jenis Pertamax series, Pertalite, dan Dexlite naik sebesar Rp300 per liter. BBM umum ini semakin banyak peminatnya, lantaran ramah lingkungan.

Sayangnya, kenaikan harga ini membuatmu kembali menghitung uang bulanan. Meskipun naiknya hanya Rp300, tapi tetap saja menambah pengeluaran. Karena itu, kamu harus pintar-pintar menyiasati agar pengeluaranmu tidak lebih banyak dari pendapatan. 

1. Kamu harus benar-benar menghitung, berapa liter bensin yang kamu butuhkan untuk satu bulan. Itu artinya, kamu harus punya gambaran, akan ke mana saja kamu selama satu bulan ini, selain dari rumah ke kantor atau kampus. 

Petugas mengisi BBM kendaraan konsumen di SPBU, Jakarta, Kamis (5/1). PT Pertamina (Persero) menaikan harga Bahan Bakar Minyak Umum jenis Pertamax Series, Pertalite, dan Dexlite Rp 300 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

2. Tapi apa jadinya kalau kamu tiba-tiba harus pergi ke suatu tempat yang jauh? Kamu pasti butuh lebih banyak bahan bakar. Nah, kalau ini, kamu memang harus punya uang jaga-jaga. Jangan sampai kamu kehabisan tabungan hanya karena hal yang tak terduga. 

Petugas SPBU saat melayani pengemudi motor untuk menuangkan BBM jenis Pertalite di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Jumat (25/7/2015). Partalite dijual dengan harga Rp.8400 perliter. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

3. Meskipun kamu tak berencana untuk bepergian ke tempat yang jauh, kamu tetap harus menabung untuk anggaran BBM yang kadang tak terduga. Jadi, sisihkan kembalian dan juga kurangi jajan. 

Kamu gagal terus dalam hal menabung? Ini solusinya!

4. Cara yang paling terakhir adalah dengan menambah pendapatanmu. Ya, kamu mungkin ingin mencari pekerjaan tambahan. Tapi kamu harus pintar-pintar dalam menyeimbangkan antara pekerjaan paruh waktu dan juga pekerjaan tetap. Keempat cara ini berguna buat kamu yang merasa harga BBM terbaru agak sedikit mahal dan juga menambah pengeluaran, meskipun sedikit. 

ilustrasi Fokus dan Konsentrasi Saat merealisasikan angan (sumber. Boldsky.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading