Sukses

Lifestyle

Kenapa Tanggal 25 November Ditetapkan Sebagai Hari Guru Nasional?

Fimela.com, Jakarta Belum lama ini masyarakat di seluruh dunia merayakan World Teacher’s Days atau Hari Guru Sedunia, tepatnya pada 5 Oktober. Kalau menurut sejarahnya sendiri Hari Guru Sedunia tersebut tercetus dan lahir dari hasil konferensi antar pemerintah yang saat itu dilaksanakan di Paris. Konefrensi yang dihadiri oleh wakil dari 76 negara anggota UNESCO, termasuk Indonesia tersebut dilaksanakan pada 21 September hingga 5 Oktober 1994.

Dengan adanya Hari Guru Sedunia diharapkan akan ada lebih banyak kepedulian serta apresiasi yang ditujukan terhadap peran vital serang guru. Hmmm, lalu kira-kira kapan peringatan Hari Guru Nasional? Tak lama lagi kita akan memperingatinya, tepatnya pada tanggal 25 November nanti masyarakat Indonesia akan menyambut hari istimewa untuk para guru tersebut.

Buat yang belum tahu, jadi penetapan Hari Guru Nasional itu sudah ada sejak tahun 1994 disahkan dengan adanya Kepres No.78 Tahun 1994 dan juga ditulis UU No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang menetapkan 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati secara bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Hari Guru sendiri sebenarnya sudah mulai tercetus sejak beberapa bulan Indonesia merdeka. Saat itu para guru mengadakan sebuah kongres yang menjadi tempat untuk mereka berkumpul dan berjuang demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Para guru yang bergabung dengan kongres tersebut pun akhirnya memilih sebuah nama, yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Pada tahun 1945 Hari Guru belum diresmikan, barulah pada tahun 1994 Hari Guru Nasional diresmikan dan diperingati setiap tanggal 25 November.

Dilansir dalam situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kemdikbud.go.id, Selasa (21/11/2017), tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017 adalah “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”. Dan untuk menyambut peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2017, Kemendikbud menggelar rangkaian acara “Pekan Kreativitas dan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan.”

Kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung pada 23 hingga 26 November 2017. Beberapa acara yang akan digelar oleh Kemendikbud untuk merayakan Hari Guru Nasional 2017, salah satunya adalah pameran produk-produk pendidikan dan kebudayaan yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 24-25 November 2017 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kantor Kemendikbud.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading