Sukses

Lifestyle

Blogging Women = Empowering

Next

Emporing Women Through Blogging

Melalui surat-surat Kartini dengan beberapa teman korespondensinya di Negara Belanda, pemikiran dan semangat perempuan asal Rembang ini, bisa tersebar luas ke berbagai belahan dunia hingga akhirnya dibukukan. Di zaman sekarang, tren memang sudah berubah serba digital yang membuat tradisi korespondensi itu semakin ditinggalkan. Sebagai gantinya, blog hadir sebagai halaman luas yang memberikan kesempatan lapang bagi siapa saja yang ingin menumpahkan reaksi, pemikiran, dan ide.

Berawal dari inisiatif itu, FIMELA.com bersama Hijab-Scarf.com menggelar acara bertitel “Empowering Women Through Blogging”, event  temu muka dengan beberapa figur blogger perempuan yang telah menghasilkan karya melalui ketikan jari mereka di atas halaman blog. Hadir sebagai narasumber adalah Salsabeela atau kerap dipanggil Ollie dan Ninit Yunita, keduanya adalah blogger dan penulis buku. Tak ketinggalan Fifi Alvianto dan Hanna Faridl, pendiri blog khusus perempuan Muslim, Hijab-Scarf.com, yang juga menjadi tuan rumah untuk acara inspiratif ini.

 

Next

Emporing Women Through Blogging

 

Dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang sudah mendaftarkan diri via online, acara pada hari Jumat (8/7/2011) sore itu, berlangsung intim dan santai. Acara diawali dengan sambutan singkat dari Dien Tirto Buwono, Editor in Chief for Fashion and Beauty FIMELA.com, dilanjutkan dengan sesi sharing ilmu dan tanya jawab dengan para narasumber. Ollie mengambil kesempatan berbicara pertama kali dengan menjelaskan secara singkat bagaimana ia kini bisa menjadi novelis serta tergabung ke dalam beberapa komunitas penting seperti #StartupLokal dan Project Eden. Ternyata, semua bermula dari kesenangannya menulis di dalam blog, yang awalnya hanya iseng. Sosok Ollie pun kini juga semakin familiar di ranah gadget, karena beberapa tahun belakangan ini ia dipercaya untuk merasakan pertama kali dan memiliki gadget terbaru dari Acer. Perempuan ramah ini pun banyak memberikan tips bagaimana carany seorang blogger pemula memaksimalkan blog-nya agar bisa mendatangkan keuntungan. Yang perlu diingat adalah, jadikan blog sebagai the journal of reaction, bukan the chronological diary.

Sesi sharing kedua, giliran Ninit Yunita yang berbicara. Perempuan yang terkenal dengan nama blogger “istribawel” ini, berbagi cerita kenapa awalnya blog yang menarik perhatiannya. Semuanya bermula dari kepindahannya ke Afrika Selatan mengikuti suaminya, Adhitya Mulya, novelis. Saat berada di negara orang itulah, keinginan Ninit untuk menulis semakin menggebu-gebu, sehingga ia menulis di blog. Tulisannya itu lalu menarik perhatian seorang editor yang ingin membukukan tulisannya. Mulai dari situlah, Ninit melihat potensi sebuah blog sebagai media untuk mengembangkan diri. Kini, Ninit menjadi novelis dan blogger yang dispesialisasikan pada bidang rumah tangga, terkait dengan kehidupannya sebagai ibu dari dua anak.

Itulah sebabnya, kepada peserta acara ini, diingatkan olehnya untuk fokus pada satu bidang tertentu bila tertarik untuk gabung blogging, agar blog yang dimiliki mempunyai ciri khas tertentu. Acara sharing tersebut, diakhiri dengan memberikan buku masing-masing karangan Oliie dan Ninit kepada 8 penanya tercepat.

 

Next

Emporing Women Through Blogging

 

Pada sesi ketiga, Fifi dan Hanna dari Hijab-Scarf.com, menceritakan sejarah singkat terbentuknya blog khusus hijab yang mereka buat, sebelum memberikan tutorial pembuatan gaya hijab yang trendi namun tetap sesuai kaidah. Ternyata, sebelum menuai kesuksesan seperti sekarang ini, dimana blog mereka sudah mampu menggaet sponsor dan meraih page view tinggi, Fifi dan Hanna juga berjuang keras untuk membentuk blog ini. Penjelasan dari ketiga narasumber tersebut, jelas terlihat membuat semua peserta acara semakin termotivasi untuk langsung mempraktekkan tips dan trik dari blogger sukses tersebut.

Sebelum acara benar-benar berakhir, terpilih 2 peserta sebagai pemenang Best Dress yang paling bagus merepresentasikan dress code acara ini, yaitu Modern You. Sebelum pulang, peserta disuguhi panganan ringan lezat dari Tin Pan Alley, serta menyerbu stand Wardah Cosmetics. Sungguh sebuah acara yang membuat para perempuan semakin pintar dan cantik. Sampai ketemu di acara FIMELA.com berikutnya, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading