Sukses

Lifestyle

Obsesi Pada Wajah Seorang Perempuan, Awal Terciptanya Estetika Dekor Fornasetti

Jakarta Lahir dari nama sang founder Piero Fornasetti (10 November 1913 - 9 October 1988) yang merupakan seorang seniman,  pemahat, interior decorator asal Italia, brand ini jadi mendunia.  Sang maestro, Piero Fornasetti menjalani sebagian besar hidupnya di Milan, dan sempat  belajar di Akademi Seni Brera dari tahun 1930. Selama Perang Dunia II, dia pergi ke pengasingan di Swiss dari tahun 1943. Di masa pengasingan tersebut, Ia menciptakan lebih dari 11.000 karya. 

Di masa itu, ia jatuh cinta dengan wajah penyanyi opera perempuan bersuara soprano bernama Lina Cavalieri, dan memutuskan untuk melukisnya sebagai satu elemen seni utama dan sebagai motif dalam setiap rancanganya. And yes, wajah perempuan itu kini jadi signature rancangan Fornasetti dari tahun ke tahun. Meninggal pada 9 Oktober 1988, Piero Fornasetti memberikan seluruh aset rumah desain-nya kepada sang anak Barnaba Fornasetti, yang sampai kini tetap menghasilkan karya-karya yang indah atas namanya.

Karakter rancangan yang menjadi ciri khas Fornasetti dalam karyanya, selain wajah Lina Cavalieri yang digambar dengan berbagai macam gaya, termasuk penggunaan warna hitam dan putih, pola matahari, bulan, bintang dan waktu (jam klasik), tak lupa berbagai motif playing cards, binatang dan surrealistic images sering terlihat di berbagai rancangan dekorasinya. Gayanya mengingatkan kita pada estetika Yunani dan Romawi klasik, dalam perpaduan warna monokrom, earth tone dan sedikit kejutan dari beberapa warna kontras seperti merah dan biru pekat. Kini, berbagai rancangan Fornasetti mampu ditemui dalam berbagai wujud aksesori fashion dan ruangan. Di antaranya, syal, dasi, lampu, perabotan dekorasi rumah seperti vas bunga, piring dan gelas. 

Fornasetti, dilihat dari hasil karyanya, memberikan kesan klasik, sudah pasti, namun dengan tambahan pattern atau atribut dekoratif yang stylish juga memberikan rasa modern yang tak ketinggalan jaman. Karya-karyanya sempat redup, namun semacam ada minat baru untuk mengunjungi dan mengoleksi kembali karya-karyanya. Satu lagi yang unik, rancangan feed dari akun official instagram maupun website Fornasetti, tertata dengan cantik. Di Instagram, mata disuguhi dengan susunan gambar motif rancangan yang rapi yang sebenarnya menjadi referensi rancang untuk produk-produk mereka. Sedangkan di website, kita akan terhibur dengan pola interaktif - termasuk efek suara, yang membuat kita jatuh ke alam seni khas Fornasetti. 

 

(Picture : The Papillon)

 

Loading