Sukses

Lifestyle

Masalah hadir untuk mengajarkan kita cara lompat lebih tinggi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang punya masalahnya masing-masing. Mulai dari urusan cinta dan asmara hingga permalasahan karier dan berbagai persoalan pribadi. Satu masalah selesai, muncul masalah baru. Baru saja berhasil lepas dari sebuah masalah, eh malah masuk ke masalah baru lagi.

Rasanya masalah dalam hidup tak henti-hentinya menghantui hari-hari kita. Kadang kita merasa masalah kita yang paling berat. Tapi bila kita mencoba untuk melihat dari sudut pandang berbeda yang lebih luas, masih ada banyak orang yang masalahnya lebih berat dari kita. Hanya saja kadang kita terlalu meratapi nasib dan mengubur diri dalam kesedihan, sampai akhirnya kita jadi pura-pura buta dan merasa yang paling menderita.

1. Masalah dan persoalan hidup tak bisa dibanding-bandingkan

Satu orang punya satu kehidupan. Setiap individu punya jalan cerita hidup sendiri-sendiri. Masalah yang dihadapi pun bisa sangat berbeda-beda. Di sini kita tak bisa membanding-bandingkan masalah kita dengan orang lain. Karena masing-masing orang perlu berproses dengan caranya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa.

2. Masalah hadir sebagai batu loncatan

Cobalah untuk selalu melihat segalanya dari sudut pandang positif. Terkadang masalah hadir sebagai batu loncatan. Dengan kata lain, kadang sebuah masalah datang untuk membantu kita menemukan jalan baru yang lebih baik. Masalah memang seperti ujian. Ujian tersebut harus kita lewati agar bisa naik kelas, menjadi seseorang yang lebih kuat.

“Happiness is not the absence of problems, it's the ability to deal with them.” ― Steve Maraboli, Life, the Truth, and Being Free

3. Masalah hadir untuk membantu kita lompat lebih tinggi

Kadang kita harus disadarkan dengan diberi masalah. Kita mungkin diingatkan untuk lebih banyak bersyukur saat kita mengalami sebuah kehilangan. Saat dihadapkan pada kesulitan, kita akan dipaksa untuk mencari cara-cara baru menyelesaikannya. Sampai hal ini kadang membuat kita memaksa diri untuk melakukan sesuatu yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Begitu kita berhasil melompat lebih tinggi, di situlah kita akan menemukan kekuatan yang lebih besar untuk lebih tanggung menghadapi persoalan-persoalan yang ada berikutnya.

4. Masalah tak ubahnya anak tangga

Untuk bisa sampai ke tempat yang lebih tinggi, kita perlu menaklukkan sejumlah anak tangga. Setiap undakan yang kita jangkau bakal memberi rasa lelah. Rasa lelah itu bisa terus bertambah saat anak tangga yang kita lewati makin banyak. Tapi itulah jalan yang harus dipilih bila ingin sampai ke tempat yang lebih tinggi.

Semoga apapun masalah yang kita punya dan hadapi saat ini bisa kita atasi dengan baik, ya. Yakin saja bahwa akan selalu ada kebaikan dan kekuatan baru yang kita dapat dari setiap masalah yang berhasil kita atasi dan taklukkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading