Sukses

Lifestyle

Perbedaan Soto dan Coto, Makanan Berkuah yang Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Soto merupakan makanan yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Soto memiliki cita rasa khas yang begitu menggugah selera. Soto juga menjadi makanan yang bisa dihidangkan sebagai menu sarapan, makan siang bahkan makan malam.

Bicara mengenai soto, soto sendiri ada banyak variannya. Di setiap daerah di Indonesia memiliki soto yang khas dengan daerah tersebut. Sebut saja soto Betawi yang lebih berkuah kental karena penggunaan santan di dalamnya, atau soto khas Jawa Tengah yang lebih bening dan gurih, juga soto khas Jawa Timur yang lebih cantik karena berkuah kuning dengan tambahan kunyit sebagai bumbunya.

Ada lagi soto khas Makassar yang sering disebut sebagai coto Sahabat Fimela. Meski keduanya nyaris sama, soto dan coto memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Apa perbedaannya?

Perbedaan Soto dsn Coto

Soto memiliki banyak varian. Makanan yang dipercaya berasal dari China dengan nama Tau co ini bisa ditemukan di hampir semua daerah di Indonesia. Setiap daerah juga memiliki menu soto dengan ciri khas masing-masing. Sementara coto, ini adalah makanan yang berasal dari Makassar dan hanya ada yang namanya coto Makassar.

Dalam tampilannya, soto cenderung berwarna kuning karena ada tambahan rempah kunyit. Sedangkan untuk coto Makassar tampilannya lebih gelap karena adanya tambahan rempah keluwek di dalamnya sehingga lebih terlihat seperti rawon khas Jawa Tiimur. Untuk keduanya, keduanya sama-sama menggunakan potongan daging baik daging sapi atau ayam.

Untuk aroma, soto memiliki aroma yang gurih dan menyegarkan. Sementara coto, aromanya gurih tajam mengingat bumbu rempah yang digunakan lebih banyak. Satu lagi perbedaan soto dan coto, jika soto biasa disajikan bersama nasi putih hangat, coto biasa disajikan bersama lontong, ketupat atau buras khas Makassar.

Itulah perbedaan soto dan coto. Jadi, yang mana nih makanan kesukaanmu, soto atau coto?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading