Sukses

Lifestyle

7 Makanan Manis yang Bisa Jadi Pengganti Gula

Fimela.com, Jakarta Gula menjadi makanan yang memang dibutuhkan tubuh karena merupakan karbohidrat yang diubah menjadi energi. Namun konsumsi gula juga perlu dibatasi, bahkan konsumsi hariannya sebenarnya tidak boleh lebih dari dua hingga empat sendok makan per hari.

Konsumsi gula berlebih akan membuat tubuh berisiko mengalami inflamasi dan bahkan diabetes. Namun sayangnya gula selalu ada di berbagai makanan dan masakan. Lalu bagaimana menjaga konsumsi gula setiap hari apalagi jika berisiko tinggi diabetes?

Dilansir dari Naturespath dan Vemale, ini sekian bahan makanan yang bisa menggantikan gula saat memasak.

1. Madu

Madu adalah sumber pemanis alami yang mudah didapatkan dan lebih kaya manfaat kesehatan. Madu memiliki fruktosa dan glukosa lebih rendah dibanding gula pasir. Tentu saja, untuk makanan, madu lebih baik tidak dipanaskan, atau dituangkan saat makanan sudah hangat.

2. Maple syrup

Maple syrup tidak semanis gula, meski memang sebenarnya masih mengandung gula. Bedanya, maple syrup mengandung antioksidan, kalsium, zat besi dan kalium sehingga lebih "ramah" untuk kadar gula darah.

3. Jus apel

Jika ingin lebih sehat, bisa mengganti dengan apel yang diblender. Jus apel sangat sehat dan cukup manis untuk menggantikan gula. Bukan hanya lebih rendah kalori namun juga tinggi serat.

4. Buah-buahan

Buah-buahan manis lainnya seperti mangga, semangka, nanas, kurma dan pisang juga bisa menjadi pengganti gula meski tak semua bisa dimasukkan ke dalam masakan. Untuk salad atau makanan manis lainnya, buah-buhan jadi alternatif paling baik.

5. Parutan Wortel

Untuk sayuran, parutan wortel bisa memberi rasa manis alami dan menyehatkan. Misalnya jika menumis atau memasak pasta, bisa lebih banyak menambahkan wortel untuk pemanis alami.

6. Susu

Susu juga menjadi pemanis alami lengkap dengan nutrisinya yang tinggi. Kuncinya, jangan memanaskan dengan suhu tinggi. Namun jangan menggunakan terlalu banyak jika khawatir dengan kadar lemaknya.

7. Jus Jeruk Segar

Jus jeruk kaya vitamin C namun ternyata juga bisa jadi pengganti gula karena rasa manisnya mampu menetralkan rasa makanan.

Itu dia sekian makanan manis yang ternyata bisa menjadi pengganti gula pasir ketika masak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading