Sukses

Lifestyle

Apa Perbedaan Lada Hitam Dan Lada Putih?


Saat sedang memasak atau membaca resep, Anda pasti sering menemui dua jenis lada, yaitu lada hitam dan lada putih. Keduanya digunakan dalam berbagai masakan yang kita santap.

Lada hitam dan lada putih sebenarnya tumbuh dari tanaman yang sama. Namun, keduanya memiliki cara pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan warna, tekstur, dan rasa berbeda yang memiliki khas masing-masing.

Lada hitam diambil dari buah lada yang hampir busuk dan mengering karena sinar matahari sehingga memiliki bagian kulit yang kehitaman. Sebaliknya, lada putih diambil dari buah lada yang matang. Proses selanjutnya yang dilakukan adalah merendam lada dengan air garam agar kulitnya terkelupas dan meninggalkan hanya bagian dalamnya saja.

Lada putih memiliki rasa yang lebih pedas daripada lada hitam. Namun rasa lada putih tidak sekaya rasa lada hitam yang memiliki rasa lebih kompleks. Lada hitam memiliki aroma yang khas dan berbeda.

Selain digunakan dalam berbagai masakan, lada juga dipercaya memiliki khasiat pengobatan seperti pada terapi asma dan gigitan serangga.

 

(vem/cha)
;
Loading