Sukses

Lifestyle

Kue Sajian Lebaran: Kue Wingko Babat Mini Yang Gurih Nan Legit

Bagi para pecinta kue basah tradisional, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya kue wingko babat. Wingko babat sendiri merupakan makanan khas dari Lamongan dan juga Semarang. Karena rasanya yang gurih nan legit, tidak sedikit orang menyajikan kue basah satu ini sebagai kue sajian lebaran.

Jika lebaran tahun ini Anda juga ingin menyuguhkan kue wingko sebagai kue lebaran untuk tetangga dan kerabat, kali ini Vemale akan memberikan resep membuat wingko mini yang gurih nan legit. Mau tahu apa saja bahan untuk membuat wingko dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Bahan

  • 6 buah biji nangka (buang isinya, dan ambil dagingnya saja potong kecil-kecil sesuai selera)
  • 400 gram kelapa parut kasar (usahakan kelapa yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua)
  • 250 gram tepung ketan (ayak)
  • 250 gram santan kelapa kental 
  • 220 gram gula pasir 
  • 2 sdm minyak goreng 
  • 1/4 sdt bubuk vanili 
  • 1/2 sdt garam


Cara Membuat

  1. Masak sedikit santan kelapa sebentar hingga hangat (sisakan santan kelapa yang paling kental). Jika sudah, tambahkan gula pasir, bubuk vanili dan garam hingga semua bahan tercampur rata dan gula larut. Lalu diamkan hingga bahan-bahan ini dingin.
  2. Jika bahan di atas sudah dingin, campurkan tepung ketan dan kelapa parut. Aduk rata dan pastikan semua bahan tercampur rata. 
  3. Jika sudah, masukkan sisa santan secara perlahan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Selanjutnya, tambahkan buah nangka dan pastikan buah nangka telah menyebar dengan baik di adonan wingko. 
  5. Kalau semua sudah siap, panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan sedikit minyak lalu tuang adonan wingko. Bentuk wingko bulat-bulat kecil atau kotak panjang. 
  6. Masak hingga wingko berwarna kecokelatan lalu angkat. 
  7. Untuk wingko yang berbentuk bulat, Anda tidak perlu memotongnya agar menjadi mini. Tapi, untuk wingko yang berbentuk segi empat, potong kecil-kecil sesuai selera.  
  8. Agar wingko tidak lengket, bungkus wingko dengan kertas roti.


Ladies, itulah resep membuat kue sajian lebaran yang gurih nan legit berupa wingko babat. Selamat mencoba dan selamat menyambut hari raya ya. :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading