Sukses

Lifestyle

Maju Ke Ajang Miss Grand International 2017, Indonesia Usung Kostum Ini

Beberapa waktu belakangan ini kostum nasional yang akan dikenakan oleh wakil Indonesia di ajang Miss Grand International 2017 jadi bahan pembicaraan. Ini karena bentuknya yang sungguh tak biasa. Dea Rizkita, sang 3rd runner up Puteri Indonesia 2017 dengan tittle Puteri Indonesia Perdamaian 2017 akan maju mewakili Indonesia di Miss Grand International 2017, yang diadakan di Vietnam 5 – 26 Oktober 2017.

Pada acara press conference Dea Rizikta goes to Miss Grand International 2017, kostum nasional pun turut dipamerkan. Kostum mahakarya rancangan Morpachio dan Maya Ratih tersebut bertemakan Ibu Pertiwi dengan berat 37 kg memiliki makna yang sangat dalam mengambarkan tentang Indonesia seutuhnya.

Copyright: instagram/morphacio

Dilansir oleh indonesianpageants.com(29/9), kostum tersebut bertemakan Ibu Pertiwi “Langit adalah Ayahku, Bumi adalah Ibuku”. Kostum ini memiliki makna dari bentuk lingkaran yang diambil dari bentuk dasar Bulan (budaya timur yang erat dengan laut dan bulan) berbicara tentang sosok ibu, ratu, dan wanita. Warna biru sendiri menggambarkan kejayaan Indonesia sebagai negara maritim.

Copyight: instagram/dearizkita

Panca (lima kristal biru pada bagian lingkaran bulan) melambangkan keselarasan manusia Indonesia dalam ideologi Pancasila, Tri (tiga kristal biru pada hiasan kepala) melambangkan kesempurnaan tubuh, jiwa dan roh. Lima kristal kuning menggambarkan tunas-tunas bangsa, generasi muda Indonesia yang merupakan harapan dan penerus bangsa.

Copyright: instagram/mayaratih_couture

Sayap pada pundak melambangkan simbol kelembutan dan kekuatan, doa dan nyanyian para leluhur. Hiasan punggung yang melambangkan Indonesia adalah “Tulang Punggung Dunia” dimana Indonesia menyimpan kekayaan yang berlimpah. Sabuk sayap melambangkan kesuburan dan persaudaraan yang erat. Ornamen di jari dan lengan kanan menggambarkan kebijaksanaan, keterampilan, dan jiwa yang mengayomi masyarakat.

Di bagian bawah juga sarat akan makna. Ada bentuk candi, selain itu digunakan tujuh kain nusantara yang menggambarkan bermacam-macam budaya di Indonesia.

Copyright: instagram/dearizkita

National costume ini akan dikenakan pada 7 Oktober 2017 dan Grand Final pada 25 Oktober 2017. Jika ingin Indonesia kembali membawa kejayaan seperti Ariska Putri Pertiwi yang berhasil meraih gelar Best Nasional Costume dengan tema Royal Sigokh tahun sebelumnya, kamu bisa berpartisipasi untuk membantu vote Ladies.

So proud of you Indonesia, good luck dan semoga membawa kabar baik.

(vem/ivy)
Loading