Sukses

Food

6 Tips Memasak Sayur Genjer agar Lebih Enak dan Tidak Pahit

Fimela.com, Jakarta Sayur genjer mungkin tidak sepopuler sayur bayam atau sayur kangkung. Tapi ternyata sayuran yang mirip enceng gondok ini bisa diolah jadi kuliner yang sedap. Bahkan kandungan gizi dan nutrisinya juga baik untuk kesehatan.

Cuma memang kadang agak bingung cara mengolahnya. Agar sayur genjer enak diolah dan tidak pahit, ada tips-tips yang perlu diikuti. Selengkapnya, yuk ikuti info lengkapnya di sini.

 

1. Pilih Genjer dengan Bunga yang Masih Kuncup

Ini yang paling penting dan utama. Pilihlah genjer yang masih muda, ditandai dengan daunnya yang lebar dan bunganya yang masih kuncup. Pilih genjer dengan bunga yang bila ditekan terasa lembut.

2. Rendam dan Remas dengan Air Garam

Rendam dulu genjer sampai layu, kemudian remas-remas genjer dengan air garam. Setelah itu siram genjer dengan air hangat. Genjer yang sudah layu ini siap untuk diolah.

 

3. Rebus dengan Air Garam

Ini alternatif lain yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa pahit genjer. Jadi, potong-potong daun genjer, kemudian rebus dengan air yang diberi sedikit garam sampai mendidih. Saat sudah layu, angkat dan masukkan dalam air dingin agar warna hijaunya terjaga.

4. Tumis Cepat dengan Api Sedang

Kalau ingin membuat tumisan genjer, gunakan api sedang. Selain itu, tumis cepat setelah bumbu tumisan harum. Jangan dimasak terlalu lama karena warnanya bisa berubah hitam dan teksturnya jadi agak lembek.

5. Tambahkan Aneka Bahan Pelengkap

Berbagai tambahan lain seperti teri, tempe, ikan asin, oncom, dan udang bisa membuat cita rasa genjer lebih istimewa. Dengan bumbu yang sedap dan bahan pelengkap yang kaya gizi, olahan sayur genjer jadi lebih istimewa tanpa rasa pahit.

 

 

6. Masak dengan Cita Rasa Pedas

Olahan genjer bisa terasa lebih nikmat bila bercita rasa pedas. Buat kamu penyuka masakan pedas, membuat olahan genjer dengan cabai yang cukup banyak bisa jadi pilihan yang cukup direkomendasikan.

Buruan dicoba deh tips-tipsnya. Semoga kamu bisa membuat olahan sayur genjer yang sedap dan nikmat. Semoga infonya bermanfaat dan selamat memasak!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading